Adsense

Iklan

Kelola Blok B Migas ? Plt Gubernur Aceh Jangan Mengumbar, Nanti Jadi Hambar

Selasa, 23 Juni 2020, 21:00 WIB Last Updated 2020-06-23T15:07:25Z

Banda Aceh (ACEHPOST.ID) – Hampir 44 tahun sejak 1976, minyak dan gas bumi Blok B dikelola oleh Exxon Mobil sebelum kemudian pengelolaan dialihkan ke PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang berada di Aceh Utara.

Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, M.T menggadang gadangkan bahwasanya pemerintah pusat telah merestui minyak dan gas bumi di lokasi itu dikelola oleh PT. Pembangunan Aceh (PEMA) yang merupakan Badan Usaha Milik Aceh.

Berdasarkan surat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Tanggal 17 Juni 2020, yang dikirimkan kepada Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA). Dalam surat bernomor 187/13/MEM.M/2020 itu, PT PEMA diminta untuk mengajukan permohonan pengelolaan migas Blok B Aceh Utara kepada BPMA.

Menyikapi Hal Tersebut, Husnul Jamil Selaku Ketua Umum Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Provinsi Aceh, meminta Plt Gubernur Aceh jangan terlalu mengumbar ngumbar terkait pengelolaan Blok B Migas yang ada di Aceh Utara. Katanya kepada ACEHPOST.ID pada Selasa (23/6/2020).

"Kontraknya kan habis pada 17 November 2020 nanti, apa lagi dalam hal teknis pengelolaan, juga dibuka kemungkinan pengelolaan bersama dengan PT Pertamina Hulu Energi NSB (PHE), jadi secara teknis tidak murni di kelola 100% oleh Pemerintah Aceh melalui PT. PEMA." Tegas Husnul.

Ia juga menambahkan ia berfikir hal tersebut bukanlah suatu prestasi yang di raih oleh Pemerintah Aceh saat ini. Apalagi PT. PEMA saat ini harus mempersiapkan dan melengkapi semua yang diperlukan untuk memenuhi syarat yang diperlukan sesuai dengan ketentuan. 

"Saya minta Plt Gubernur Aceh jangan terlalu mengumbar ngumbar di media, nanti jadi hambar. Apalagi rencannya Blok B Migas di Aceh Utara di kelola oleh PT. PEMA, jangan sampai anggaran APBA terkuras untuk itu, namun income terhadap Aceh nihil." Sebutnya.

PT. PEMA mempunyai catatan hitam dalam melakukan kerjasama dan investasi, jangan sampai Blok B Migas menjadi tragedi, seperti hengkangnya PT. Trans Continent di KIA Ladong. Tandas Husnul Jamil. (R/MA)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kelola Blok B Migas ? Plt Gubernur Aceh Jangan Mengumbar, Nanti Jadi Hambar

Terkini

Iklan