Adsense

Iklan

Ausatun Nabilla, Mahasiswi Universiti Teknologi Malaysia Ikuti Kegiatan Volunteer Yayasan Indonesian Youth Action

harirrizky
Senin, 06 September 2021, 17:10 WIB Last Updated 2021-09-06T10:14:33Z

Ausatun Nabilla Bersama Anak Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. (*)

Acehpost.id I Sabang - Ausatun Nabilla Merupakan Mahasiswi Universiti Teknologi Malaysia yang Mengikuti Program Volunteer di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh Kegiatan Ini diselenggarakan Oleh Yayasan Indonesian Youth Action Pada Tanggal 25-21 Agustus 2021 Dengan Sejumlah Delegasi Lainnya Se Indonesia. 

Indonesian Youth Action (IYA) Adalah Organisasi Yang Bergerak di Bidang Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Partisipasi Pemuda Dan Pemudi Se Indonesia Yang Turun Langsung Ke Daerah yang Selama Ini Masih Kurang dijangkau Karena Keadaan Geografisnya. Kegiatan Ini Mengajak Pemuda/Pemudi Mengunjungi Daerah-Daerah Terpencil Indonesia Dan Tinggal Selama Beberapa Hari Untuk Mengeksplore Dan Mengadakan Kegiatan Sosial Guna Membawa Perubahan Baik Bagi Daerah Tersebut, yang Pada Kesempatan Ini diselenggarakan di Desa Jaboi, Sabang, Aceh.


“Acara Ini disambut Dan dibuka Oleh Pemerintah Kota Sabang Langsung Pada Tanggal 25 Agustus di Kantor Geuchik Gampong Jaboi, Dan Juga Atas Bantuan IPPEMAS (Ikatan Pelajar Kota Sabang) Mendampingi Kami Dari Pelabuhan Hingga Ke Lokasi Rumah Warga yang Akan Menjadi Sasaran Kegiatan Baksos Kami”. Tutur Ausa.

 

Ausatun Nabilla Merupakan Mahasiswi Jurusan Biomedical Engineering Memilih Divisi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Karena Menurutnya Sabang Terutama Desa Jaboi Mempunyai Berbagai Macam Tempat Wisata yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan, Dan Juga Desa Jaboi Mempunyai Berbagai Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Yang Bisa Menjadi Sarana Untuk Meningkatakan Kreativitas Warga Setempat Dalam Bidang Ekonomi.

 

Divisi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Mempunyai Beberapa Program Kerja Yaitu Mulai Dari Mengadakan Sosialisasi Dan Praktik Langsung Dalam Pembuatan Sambal Ikan Kepada Ibu-Ibu Gampong Jaboi, Kegiatan Ini dimulai Dengan Membersihkan Ikan Dan Menyiapkan Alat Dan Bahan di Pantai Pasi Jaboi. Setelah Melewati Hasil Pengolahan Sambal Ikan Akan Dimasukkan Kedalam Botol Kecil yang Telah Disediakan. Selanjutnya Pengadaan Kegiatan Lelang Baju Layak Pakai yang Di Banrol Mulai Dari Harga Seribu Rupiah. Tidak Hanya Itu Divisi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Juga Menyelenggarakan Bazar UMKM dengan Warga Setempat Seperti Kue Bakpia Dan Dodol dan Lain- Lain, Dilanjutkan Dengan Festival Malam Seni Pada Malam Terakhir Kegiatan Indonesian Youth Action (IYA) Serangkaian Acara Dimulai Dari Kata Kata Sambutan Oleh Geuchick Gampong Jaboi Dan Ketua Pelaksana IYA Diiringi Dengan Penyerahan Cendra Mata, Kemudian Penampilan Bakat Dari Semua Delegasi Per Divisi Yaitu Pendidikan, Kesehatan, Parekraf, Dan Lingkungan, Acara Ditutup Dengan Penampilan Video Pariwisata Persembahan Oleh Divisi Parekraf Kepada Semua Delegasi Dan Warga Setempat.

 

Potret Anak Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. (ist)

“Banyak Sekali Pelajaran yang Bisa Saya Dapatkan Setelah Mengikuti Kegiatan Baksos Ini Yaitu Indahnya Berbagi Dan Menolong Sesama, Tidak Peduli Sebarapa Jauh Masyarakat Desa Jaboi Tinggal Dan Seberapa Asing Mereka Bagi Saya, Kita Adalah Indonesia, Kita Adalah Keluarga. Serta Banyak Juga Kesan Kesan yang Saya Dapatkan Dengan Mempunyai Banyak Teman Dari Seluruh Indonesia, Dapat Bertukar Budaya Dan Bahasa, Serta Mengimplementasikan Sikap Toleransi yang Tinggi. Saya Berharap Dengan Banyaknya Kegiatan Pengabdian Seperti Ini Menjadi Upaya Bagi Kita Pemuda/Pemudi Terbaik Nusantara Untuk Menghadirkan Kesejahteraan Sosial Di Indonesia Dengan Aksi Nyata Untuk Negeri.”(*)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ausatun Nabilla, Mahasiswi Universiti Teknologi Malaysia Ikuti Kegiatan Volunteer Yayasan Indonesian Youth Action

Terkini

Iklan