Adsense

Iklan

Husnul Amalia Soleha, Mahasiswi UIN Ar-Raniry Menjadi Delegasi Volunteer Yayasan Indonesian Youth Action Dengan Beberapa Volunteer Se-Indonesia

harirrizky
Senin, 06 September 2021, 06:57 WIB Last Updated 2021-09-06T00:23:53Z

Dok.Pribadi

Acehpost.id | Kota Sabang - Husnul Amalia Soleha  Merupakan Salah Satu  Mahasiswi UIN Ar- Raniry Banda  Aceh Dilegasi Yang mengikuti Program Volunteer  Yang diselenggarakan oleh Yayasan Indonesian Youth Action di Desa Jaboi,  kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, (25-31/8/2021)

Indonesian Youth Action Merupakan Sebuah Yayasan yang Bergerak dibidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan pemuda/pemudi Indonesia yang turun aksi langsung ke daerah 3 T ( Terdepan, Terpencil dan Tertinggal ) walaupun Gampong Jaboi dapat dikatakan bukan termasuk daerah 3 T dalam satu tahun terakhir ini, namun Gampong Jaboi merupakan Gampong yang menjadi sasaran tempat pengabdian Indonesian Youth Action Kali Ini


Dalam Pengabdian Ini Indonesian Youth Action Menghadirkan Beberapa Dilegasi  Terbaik Muda -Mudi Se - Indonesia Yang Terbagi Menjadi 4 Divisi untuk Menyelesaikan Persoalan yang ada di daerah 3 T yaitu Divisi Kesehatan, Divisi Pendidikan, Divisi Lingkungan dan Divisi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Dok.Pribadi

Husnul Amalia Soleha Merupakan  Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Memilih Divisi lingkungan karena Menurut ia Sabang Merupakan Kota Madya dan kota Wisata yang menjadi daya tarik wisatawan  Mancanegara untuk Berkunjung ke Sabang Salah satunya Gampong Jaboi yang merupakan  termasuk Desa wisata yang memiliki Destinasi Wisata Gunung Berapi Jaboi sehingga kebersihan lingkungan adalah permasalahan yang harus dipecahkan agar terwujud desa wisata yang ASRI dan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat di sekitar Gampong Jaboi.


Divisi lingkungan memiliki program kerja yang cukup menarik dari Program Kerja di Kegiatan Sebelumnya.  Program kerja divisi Lingkungan pada kegiatan pengabdian kali ini memiliki beberapa program kerja dimulai dari Bakti sosial yaitu sosialisasi Sampah organik dan anorganik dengan mengajak anak-anak disekitar Gampoi Jaboi untuk Mengumpulkan dan Memilih untuk di daur ulang kembali. Kemudian kegiatan daur ulang sampah menjadi Ekobrick dengan beberapa pemuda Gampong Jaboi yang akan diolah menjdi Rak Buku untuk perpustakaan Taman baca Gampong Jaboi.


Dok.Pribadi
Ecobrick merupakan istilah yang digunakan untuk menamai hasil pengelolaan sampah plastik yang menjadi sebuah bata. Kata ecobrick sendiri berasal dari kata “Eco” yang berarti lingkungan dan “brick” yang berarti bata yang jika digabung artinya secara umum menjadi sebuah bata yang ramah lingkungan. Disebut “bata” karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan. Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non Biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

Program kerja selanjutnya  yaitu Penanaman Mangrove oleh seluruh delegasi Indonesia Youth Action #2 dan Berkerjasama dengan Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Sabang (IPPEMAS) . Dan kemudian sosialisasi Pengelolaan sampah organik melalui metode Ember Tumpuk  yang dijadikan pupuk cair dan memiliki berbagai macam manfaat dapat dijadikan pembersih lantai dan sebagainya Dan Banyak Kegitan Lainnya Yang di laksanakan di Desa Tersebut


Dok.Pribadi 

Banyak sekali kesan  yang saya dapat dalam mengikuti Kegiatan Volunteer ini yaitu indahnya berbagi kebahagiaan kepada masyarakat dan anak-anak di sekitar Gampong Jaboi,  Indahnya saling menghargai satu dengan yang lain baik dari segi agama, budaya, suku, dan bahasa. Mendapatkan teman dari berbagai daerah Se- Indonesia, ilmu, pengalaman dari berbagai hal, dan  indahnya mencintai lingkungan dengan aksi nyata " Ujarnya.


Pemuda/i cerdas,Inovatif dan kreatif Indonesia saat ini merupakan aset bangsa dan akan menjadi Generasi Emas tahun 2045 mendatang. Indonesian Youth Action  adalah wujud Nyata Dalam Pengembangan pemuda/i dengan Aksi Untuk Negeri.


Ia berharap Pemerintah dan Universitas Negeri memberi dukungan kepada mahasiswa/i  terbaik Indonesia dalam mengikuti kegiatan seperti ini untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera "Tutupnya (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Husnul Amalia Soleha, Mahasiswi UIN Ar-Raniry Menjadi Delegasi Volunteer Yayasan Indonesian Youth Action Dengan Beberapa Volunteer Se-Indonesia

Terkini

Iklan