Adsense

Iklan

Pembelajaran Sistem Daring Pada Siswa di Aceh Tidak Efektif

Amir
Kamis, 02 September 2021, 11:55 WIB Last Updated 2021-09-02T04:56:21Z

Sumber. Liputan6



Acehpost.id - Pandemi Covid-19 yang melanda setahun lebih di Indonesia telah mempengaruhi semua sektor, termasuk sektor pendidikan di Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kemudian memilih pembelajaran dari tatap muka kepada sistem daring, begitu juga di Aceh dari mulai SD, SMP, SMA sampai Perguruan tinggi yang ada di Aceh. 


Bukan tanpa resiko, sistem daring yang dipilih ini telah menjadi satu masalah dalam pembelajaran yang ada di Aceh, karena bukan hanya murid tapi juga seorang guru atau tenaga pendidik yang gagap menghadapi sistem ini. 


Pembelajaran daring yang belum dipersiapkan secara matang ini tentu berdampak terhadap metode pembelajaran yang dilakukan oleh para tenaga pendidik. Demikian pula penerimaan atas pembelajaran dari para peserta didik pun sangat beragam, seringkali tidak memahami materi maupun penyampaian dari guru.Tidak sedikit guru memilih yang sekadar memberikan tugas kepada para muridnya. 


Sayangnya hingga memasuki tahun ajaran baru ini pun belum nampak gerak Revolusioner dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Aceh maupun jajarannya dalam menyiapkan sarana-prasarana pembelajaran daring atau aplikasi yang mendukung untuk pembelajaran daring di provinsi Aceh. 


Berbeda dengan beberapa provinsi lain yang ada di Indonesia misalnya NTB dan batam yang telah menyiapkan sarana dan aplikasi yang pasti untuk sekolah-sekolah yang ada di sana, sehingga punya kesiapan yang matang untuk pembelajaran daring tersebut. 


Maka sudah saatnya Pihak Eksekutif (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh) maupun DPRA (Komisi VI) memikirkan bangaimana menyiapkan sarana dan prasarana maupun aplikasi untuk pembelajaran daring yang ada di Aceh, karena Aceh memiliki anggaran yang besar untuk pendidikan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembelajaran Sistem Daring Pada Siswa di Aceh Tidak Efektif

Terkini

Iklan