Iklan

Penguatan Keterampilan Desain Program Berbasis Masyarakat Bagi Mahasiswa Praktikum Prodi PEMAS Islam

harirrizky
Selasa, 23 November 2021, 16:21 WIB Last Updated 2021-11-23T09:23:17Z

Penguatan Keterampilan Desain Program Berbasis Masyarakat Bagi Mahasiswa Praktikum. (Ist)
Acehpost.id | Banda Aceh - Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (Podi PEMAS Islam) UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan seminar pembekalan bagi mahasiswa  melanjutkan praktikum makro di masyarakat. Seminar ini mengusung tema Penguatan Keterampilan Desain Program Berbasis Masyarakat dan dihadiri oleh 60 mahasiswa yang akan melaksanakan praktikum. Kegiatan pembekalan berlangsung di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa (23/11).


Diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Ibu Sakdiah, M.Ag selaku sekretaris prodi PEMAS Islam, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa yang akan melaksanakan praktikum lanjutan setelah praktikum mikro 45 hari lalu.


"Pembekalan ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat dikarenakan disinilah kalian akan dibekali dengan keterampilan dan penguatan kapasitas terhadap tim yang akan dibentuk."



Selanjutnya penyampaian materi oleh Ketua Prodi PEMAS Islam yaitu Ibu Dr. Rasyidah, M.Ag beliau menjelaskan apa saja yang harus dipersiapkan dan apa saja langkah-langkah yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa di lapangan.



"Sebelumnya ibu ingin memastikan masing-masing tim apakah sudah selesai segala urusannya dengan praktik mikro? Alhamdulillah sudah ya. Baiklah, untuk makro bagaimana? Sudah menentukan lokasi? Sudah mulai penjajakan awal?",Masing-masing ketua tim pun menjelaskan rencana awal dan hasil penjajakan awal mereka berdasarkan lokasi dan isu.



Kemudian narasumber pun menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu team building, menyusun work plan, melakukan assessment, menentukan skala prioritas, melaksanakan intervensi, menentukan tujuan, melakukan monitoring dan evaluasi, merancang intervensi baru jika menemukan kendala atau hambatan saat monitoring evaluasi, pengukuran hasil yang dicapai dan menyusun exit strategy agar program yang sudah terlaksana tetap berjalan bahkan sampai mahasiswa meninggalkan lokasi praktikum.



Laporan: Assyifa Mardhatillah

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penguatan Keterampilan Desain Program Berbasis Masyarakat Bagi Mahasiswa Praktikum Prodi PEMAS Islam

Terkini