Iklan

Atasi Krisis Darah, RSUD Aceh Tamiang Kampanyekan Donor Darah Massal

Redaksi
Kamis, 22 September 2022, 07:19 WIB Last Updated 2022-09-22T00:28:07Z
Direktur RSUD Aceh Tamiang, Andika Putra saat memberikan keterangan terkait krisis darah diruang kerjanya, pada Rabu (21/9/2022).

ACEHPOST.ID || Aceh Tamiang - RSUD Aceh Tamiang kerap mengalami kekurangan stok darah akibat tingginya kebutuhan pasien.
Sejauh ini solusi kekurangan ini hanya bisa dilakukan dengan donor darah massal.

Direktur RSUD Aceh Tamiang, Andika Putra mengungkapkan fenemona menipisnya stok darah ini sering terjadi pada rabu 21/9/2022 diruang kerjanya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menipisnya stok darah, misal tingginya permintaan pasien yang tidak diimbangi dengan pendonor.
“Sempat menipis, tapi hari ini stok aman,” kata Andika Putra.

Andika menjelaskan stok darah yang naik turun ini terbilang wajar karena memang kebutuhan darah tidak bisa diprediksi, begitupun dengan pasokannya.

Di sisi lain, stok darah di setiap rumah sakit juga tidak boleh terlalu banyak, mengingat ada pemberlakukan kadaluarsa. 
“Ada kadaluarsanya, jadi kalau tidak habis sesuai masa berlakunya, bisa terbuang,” ujarnya.

Selain itu, Andika juga menjelaskan bahwa untuk daerah Aceh hanya ada dua rumah sakit yang mempunyai alat pengolah darah yaitu RSUZA Banda Aceh dan RSUD Aceh Tamiang, alat tersebut bernama 
apheresis yaitu alat yang berfungsi mengolah komponen darah secara fraksionasi, dimana cara kerja alat ini mampu memisahkan komponen darah seperti sel darah putih, trombosit dan lainnya, jelas andika. 

Dalam upaya untuk mengisi kekosongan stok darah, pihak rsud Aceh  tamiang terus melakukan upaya-upaya kampanye pada  instansi-instansi pemerintah maupun swasta agar bersedia melakukan kegiatan donor darah pada instansinya yang bertujuan  terutama untuk penyelamatan nyawa manusia juga kesehatan bagi sipendonor itu sendiri.

"Kedepannya pihak rsud Aceh tamiang juga akan membentuk sebuah team yang bertujuan untuk menggalang dan menghimbau kepada para masyarakat yang ada di Kampung-Kampung yang ingin melakukan  donor darah, dan kegiatan  ini juga akan  dikoordinasikan antara pihak rsud yaitu unit transfusi darah (utd) dengan para datok penghulu dalam Kabupaten Aceh tamiang" terang andika mengakhiri. (Yusda)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Atasi Krisis Darah, RSUD Aceh Tamiang Kampanyekan Donor Darah Massal

Terkini