Iklan


Uji Coba Terbang di Bandara Udara Rembele, Pesawat Kargo Boeing 737 Seri 300 Mendarat Mulus Tanpa Hambatan

Redaksi
Kamis, 16 Maret 2023, 21:51 WIB Last Updated 2023-03-16T15:07:10Z
Bandara Udara Rembele melakukan uji coba terbang atau uji coba pendaratan pesawat kargo udara melalui Bandara Rembele, Bener Meriah, pada Kamis 16 Maret 2023.

ACEHPOST || Bener Meriah - Bandara Udara Rembele, lakukan uji coba terbang atau uji coba pendaratan pesawat kargo udara melalui Bandara Rembele, Bener Meriah, pada Kamis 16 Maret 2023.

Uji coba ini berjalan lancar tanpa hambatan dan sukses dilaksanakan. 

Kepala Bandara Rembele, Rahmat Subhan Fajri, S.Kom. MM kepada Media ini menjelaskan, pesawat kargo yang diuji coba itu adalah pesawat Boeing 737 seri 300. Perlu diketahui pesawat ini khusus digunakan untuk pesawat kargo udara. 

"Kali ini Kita uji coba untuk bisa mendarat dan take off dari Bandara Udara Rembele, harapan Kita ke depan semoga bandara ini dapat mengoperasikan atau terus dapat melayani penerbangan Kargo udara," sebutnya.

Ia menjelaskan, penerbangan Kargo udara kali ini di dioperasikan oleh maskapai penerbangan Indonesia yaitu PT. Trigana Air Service yang berbasis di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. 

"Biasanya maskapai ini melakukan penerbangan kargo udara dari Jakarta menuju Banda Aceh, menuju Medan. Nah kali ini Kita uji coba di Bandara Rembele."

Nantinya harapan kita, dari Bandara Udara Rembele bisa mengangkut barang-barang komoditi pertanian perkebunan dan holtikultura lainnya, ucapnya.

"Termasuk kita nanti mengcover atau bisa mengakomodir penerbangan marine product yang bisa kita datangkan dari pesisir Aceh Utara, Aceh Timur dan sekitarnya, Aceh Barat dan sekitarnya, nah ini program kita ke depan untuk mengangkut kargo udara apapun dari dari wilayah Tengah sekitaran wilayah Tengah," terang Subhan Fajri. 

Ia menerangkan uji terbang, uji mendarat dan uji operasional termasuk uji coba handling pesawat telah berhasil dilakukan. Uji coba ini turut disaksikan oleh Inspektur Angkutan Udara, termasuk Inspektur Kelayakan keudaraan dari unsur Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. 

''Jadi hari ini kita telah berhasil melakukan uji coba. Sebagaimana kita ketahui kemampuan Bandara Rembele saat ini dengan panjang landasan 2.250 meter x 30 meter dan kita telah memiliki terminal kargo dan terminal penumpang.

Artinya, ke depan saat ini Bandara Rembele telah mampu melayani penerbangan penumpang dan juga penerbangan angkutan udara kargo. 

"Baik dari Bandara Rembele menuju Jakarta melalui Halim Perdana Kusuma. Mungkin ke depan kita juga ada rute ke Jakarta melalui Soekarno Hatta. Kita harap ke depan juga akan ada rute-rute lain yang bisa mengangkut angkutan udara Kargo baik itu mungkin ke Batam Pangkal pinang dan daerah lainnya di Indonesia," jelas Subhan Fajri. 

Keberhasilan uji coba ini, menjadi angin segar baik pelaku bisnis di Kabupaten penghasil kopi Arabika Gayo dan telah lama dinanti-nanti. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Uji Coba Terbang di Bandara Udara Rembele, Pesawat Kargo Boeing 737 Seri 300 Mendarat Mulus Tanpa Hambatan

Terkini