Home / Daerah

Selasa, 19 Desember 2023 - 15:26 WIB

Jaring Generasi Cinta Al-Qur’an, Desa Gampong Cot Gelar MTQ Tingkat Anak

Redaksi - Penulis Berita

Anak-Anak Gampong Cot Saat Mengikuti Serangkaian Kegiatan MTQ. [Dok : Bas]

Anak-Anak Gampong Cot Saat Mengikuti Serangkaian Kegiatan MTQ. [Dok : Bas]

Acehpost.id | Nagan Raya – Pemerintah Desa Gampong Cot, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat anak anak yang berlangsung di desa setempat, Senin (18/12/2023).

Kepala desa Gampong Cot Husaini mengatakan, kegiatan rutin tahunan yang sudah dilakukan sejak dua hari lalu ini bertujuan untuk mewujudkan generasi yang dapat memahami dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari hari.

“Sedikitnya ada 70 peserta yang mengikuti MTQ ini, kalau jumlah cabang ada 11 cabang yang dilombakan, kelas tilawah, tartil, ayat pendek, muazin, kaligrafi, hafiz, baca kitab jawi, shalat jenazah, hafalan doa pendek, syarhil dan fahmil qur’an,” ujar Husaini.

Baca Juga :  Tekan Angka Stunting dan Dukung Program Go START, PT PLN Nusantara Power UPK Nagan Raya Jadi Orang Tua Asuh

Menggunakan atribut Palestina, para anak anak terlihat sangat antusias mengikuti lomba tersebut.

Ditambah lagi tempat yang dijadikan lokasi mereka berlomba ini dihiasi dengan nuansa palestina sebagai bentuk kepedulian masyarakat untuk muslim dipalestina yang hingga hari ini masih menjadi korban dari zionis Israel.

Sebelum lomba dimulai, tak ayal para peserta beramai ramai menyanyikan sebuah lagu yang menggambarkan tentang kondisi anak anak di palestina yang juga terus manjdi korban Genosida Israel.

“Ini memang agenda setiap tahun kami lakukan, namun pada tahun ini kami coba padukan dengan moment tentang Palestina yang bermaksud sebagai kepedulian kami sesama umat muslim palestina yang sedang berduka cit,” sambung Husaini.

Baca Juga :  Tekan Inflasi di Aceh Besar: Pj Bupati Bersama Danlanud SIM Tanam Padi Bersama

Kata dia, pihak yang terlibat dalam kegiatan ini seperti dewan juru dan panitia lainya itu merupakan para peserta MTQ profesional yang sudah sering mengikuti lomba lomba tingakat nasional.

“Kita libatkatkan dewan juri yang berkompeten untuk menilai para anak anak itu,dewan jurinya salah satunya ialah warga setempat yang berhasil meraih juara di MTQ tingkat Provinsi Aceh yang digelar di Simeulue beberapa waktu lalu,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta bisa memperoleh ilmu terutama seperti tata cara serta aturan saat mengikuti lomba lomba MTQ di tingkat daerah maupun nasional. ***

Share :

Baca Juga

Daerah

Personil Polres Nagan Raya Sosialisasikan Bahaya Judi Online kepada Masyarakat dan pelajar

Berita

Fokusgampi Qurban Dua Ekor Sapi untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pidie di Banda Aceh

Daerah

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Bendera Merah Putih 17 – an Sekaligus Membacakan Amanat Pangdam IM

Daerah

Laka Lantas di Desa Suak Nie, Tiga Korban Alami Luka Berat

Daerah

Maknai Idul Adha Dengan Syukur, Keluarga Besar Kodim 0105/Abar Bagikan Daging Qurban Kepada Kaum Marginal

Daerah

Tabrakan Maut Motor Vs Motor di Aceh Barat, Tiga Meninggal Dunia

Daerah

Meskipun diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Berlangsung Meriah

Daerah

Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban