Iklan

Iklan

Mahasiswa Menginisiasi Rektor UIN AR-RANIRY tentang Penerapan Kuliah Tatap Muka di Semester Depan

REDAKSI
Sabtu, 09 Januari 2021, 21:58 WIB Last Updated 2021-01-09T14:58:57Z

BANDA ACEH (AP) - Setelah lebih kurang 10 bulan menjalani proses kuliah daring di era pandemi, kuliah tatap muka alias luring menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa. Apalagi setelah muncul kebijakan dari pemerintah pusat tentang perizinan penerapan kuliah luring dengan mengikuti protokol kesehatan. Hal ini menjadi alasan kuat bagi mahasiswa untuk meminta penerapan kuliah luring. 


Ditambah sebagian Universitas lain di Aceh sudah mulai menerapkan kuliah tatap muka dalam waktu dekat ini. Bahkan belum lagi, rata-rata mahasiswa Tarbiyah sendiri berasumsi bahwa kasus Covid-19 di Aceh sudah mulai reda. Semua ini tentunya sudah cukup menjadi sebuah alasan bagi pihak Rektorat UIN AR-RANIRY untuk menerapkan kuliah tatap muka alias luring. 


Dalam hal ini, Ahmad Jaden, Ketua HMP-PBA menginisiasi ke pihak Rektor agar kuliah luring tersebut di implementasikan. Setidaknya semester genap ke depan sudah mulai diterapkan kuliah tatap muka. 


"Kuliah tatap muka adalah hal yang paling ditunggu-tunggu di kalangan mahasiswa, Setidaknya pihak Rektor sudah bisa mulai menerapkan kuliah luring paling tidak saat masuk semester depan." Ungkap Jaden. 


Ia juga memberi solusi agar sebelum masuk semester depan, pihak kampus dapat mensosialisasi prosedur kuliah luring dengan mengikuti protokol kesehatan. 


"Karena saat ini masih di penghujung semester ganjil, pihak kampus masih ada waktu yang cukup untuk mensosialisasikan kuliah tatap muka di semester depan. Saya pikir, mahasiswa akan mengikuti arahan kampus dalam mengikuti protokol kesehatan demi hal yang sudah lama di pintanya." Ungkap Jaden 


Selain itu, mahasiswa juga mempertanyakan perihal penggunaan dana UKT mahasiswa selama kuliah daring. Hal ini menjadi tanda tanya tersendiri di kalangan para mahasiswa tentang penganggaran dana tersebut, jika semester depan masih kuliah daring mengingat sejauh ini Kuota yang diterima mahasiswa belum sebanding dengan UKT yang dibayar. 


"Jika semester depan mahasiswa tetap harus membayar UKT full seperti biasa, apakah dana tersebut tepat sasaran dialokasikan jika  semester depan tetap daring?" Karna dari pengalaman semester lalu, kuota internet yang di dapat mahasiswa lebih sedikit dari yang diharapkan. "tanya nya" 


Oleh sebab itu, kami mengharapkan agar semester depan diterapkannya kuliah luring sehingga proses belajar lebih efektif dan interaktif. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Menginisiasi Rektor UIN AR-RANIRY tentang Penerapan Kuliah Tatap Muka di Semester Depan

Terkini

Iklan