Iklan

Direktur Poltas: Pengolahan Batu Marmer Akan Menjadi Klaster Ekonomi Baru Di Aceh Selatan

Rabu, 03 Maret 2021, 20:55 WIB Last Updated 2021-03-08T04:00:15Z


ACEH POST.ID || Dalam rangka mengimplementasikan MoU kerjasama yang telah ditandatangani 4 Februari 2021 yang lalu, Politeknik Aceh Selatan (Poltas) dan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan batu marmer untuk masyarakat di tiga desa yang ada di kecamatan Samadua, Aceh Selatan yaitu: Desa Jilatang, Madat, dan Kampung Tengah. 


Acara yang dibuka oleh Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Kerja Disnakermobduk Aceh, Azwar, S.Hut, MAP, pada 2 Maret 2021 tersebut diikuti oleh 20 orang peserta yang sebelumnya telah dilakukan seleksi melalui screening tes oleh Politeknik Aceh Selatan. 


Selain memberi materi teknis dan pratikal, pihak instruktur yang terdiri dari Dosen Teknik Industri Poltas juga menyampaikan teori pengantar dan motivasi. 


Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, dalam sesi pengantar motivasi menyebutkan bahwa motivasi itu penting karena tanpa motivasi semua menjadi tidak penting. Untuk itu perlu ada penguatan dan pelurusan motivasi agar kegiatan yang sangat baik ini tepat sasaran sesuai dengan outcome yang ingin dicapai. 


“Kami berharap pelatihan ini benar-benar mampu menumbuhkan klaster ekonomi baru di kabupaten ini yakni melalui pemanfaatan dan pengolahan batu marmer yang potensinya cukup besar, khususnya di ketiga desa sasaran”, ujar Yasar yang juga merupakan Dosen Tetap di Universitas Syiah Kuala. 


Yasar juga menambahkan bahwa semua desa sasaran kegiatan ini ke depan menjadi pilot project sentra pengolahan batu marmer seperti daerah Tulung Agung di Pulau Jawa. “menurut para ahli yang pernah melakukan riset disini menyebutkan potensi dan kualitas batu marmer kita tergolong terbaik, sayang jika disia-siakan”, kata Yasar. 


Penulis buku Agrotechnopeneurship ini optimis jika kegiatan pelatihan ini diikuti dengan motivasi yang tinggi akan memberi dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Menurutnya, Poltas sebagai satu-satunya institusi pendidikan tinggi berbasis vokasi di wilayah pantai barat selatan Aceh, wajib hadir dengan beragam kreatifitas, inovasi dan menjadi inspirasi sekaligus menjadi solusi ditengah berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.


Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama satu bulan dan  akan ditutup dengan pameran hasil kreatifitas peserta. Direncanakan kegiatan pelatihan ini akan ditutup oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Direktur Poltas: Pengolahan Batu Marmer Akan Menjadi Klaster Ekonomi Baru Di Aceh Selatan

Terkini

Iklan