Home / Pemerintah

Jumat, 1 Desember 2023 - 18:38 WIB

ASN SKPA Kabupaten Kota se Aceh Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Redaksi - Penulis Berita

Acehpost.id | Banda Aceh – Aparatur Sipil Negara (ASN) Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan kabupaten/kota mengikuti latihan jurnalistik.

Pelatihan yang bertajuk “Jadi Pinter Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom)” itu berlangsung di Aceh Seafood Restaurant & Meeting, Meuraxa, Kota Banda Aceh, Kamis (30/11/2023).

Pelatihan diikuti 60 peserta offline (langsung) dan puluhan lainnya secara daring melalui saluran channel YouTube Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dan zoom meeting se Indonesia.

Pembicara utama (keynote speaker) pada pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan Kemenkominfo bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominsa) Aceh itu adalah Direktur Pengelolaan Media, Ditjen IKP Kemenkominfo, Nursodik Gunarjo.

Katanya, saat ini penyajian berita hanya tergantung pada dua hal, yakni penting dan menarik, dan ini harus bisa dilakukan petugas bidang humas atau media center.

Sebab, lanjut Gunarjo, semenarik apapun informasi, jika disajikan dengan biasa saja, hanya menjadi berita atau informasi yang biasa saja.

Baca Juga :  HUT Perak Aceh Singkil, Momentum Membangkitkan Semangat dan Merefleksikan Perjalanan

“Jadi seorang petugas humas, harus bisa membuat berita yang menarik dan jadi penting, sehingga bisa menjadi konsumsi pers untuk disajikan dalam bentuk berita di media massa,” katanya.

Ia juga menanggapi pertanyaan peserta terkait kerja sama media massa yang banyak bermunculan belakangan ini.

“Dalam hal kerja sama di cek saja apakah media tersebut terverifikasi di Dewan Pers atau tidak,” tegas Direktur Pengelolaan Media Gunarjo.

Sebelumnya, Kepala Diskominsa Aceh, Marwan Nusuf, diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Alfajrian, AB, SE.,MM, menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta dan semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan itu serta meminta pihak kementerian kedepan dapat menyelenggarakan lagi kegiatan di Aceh.

“Kedepan, kami meminta kiranya Kementerian Kominfo bisa menyelenggarakan kegiatan lainnya disini, seperti pelatihan fotografi,” ujarnya.

Narasumber pelatihan menghadirkan Kepala Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) Aceh, Iranda Novandi, menyampaikan materi “Menulis Berita yang Menarik Ala Jurnalis” dan Ketua Tim Media Online Kemenkominfo, Matrozi, dengan materi “Kominfo Newsroom”. Acara dipandu moderator Redaktur Portal InfoPublik.id, Untung Sutomo.

Baca Juga :  Profil Ketua DPRA Zulfadhli A.MD

Merespon usulan Diskominsa Aceh, Matrozi mengutarakan kedepan pihak Kemenkominfo berusaha menyelenggarakan pelatihan fotografi di Aceh.

“Kalau memang Allah mengizinkan, tahun depan ini kita akan melaksanakannya. Saya tidak mau janji, tapi Insya Allah kita usahakan,” ungkapnya.

Sementara Iranda Novandi mengingatkan, berita atau press release yang dibuat humas instansi harus berdasarkan fakta dan data, sehingga wartawan yang menerima press release itu bisa mengolahnya menjadi berita yang menarik bagi komsumsi publik.

“Namun, yang perlu diketahui press release itu bukanlah berita, namun bahan berita yang harus diolah lagi oleh wartawan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan praktek dimana peserta diberi tugas menulis berita dan dievaluasi satu persatu.

Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Diskominsa Aceh, Teuku Zulfikar, Kadis Kominfotik Nagan Raya, Said Amri, dan sejumlah undangan lainnya .***

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Pj Gubernur Aceh: Idul Adha Momentum Mengoreksi Diri

Pemerintah

Dibuka Presiden, Pj Gubernur Aceh Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024

Pemerintah

Pj Ketua PKK Aceh Belanja Sajian Dapur di Pasar Tani 

Pemerintah

Hadiri Rapat Terbatas bersama Presiden, Pj Gubernur Aceh: PON Bangkitkan semangat Pembangunan dan Perekonomian Aceh 

Pemerintah

Donor Darah DLHK Aceh Capai 218 Kantong Darah

Pemerintah

Pj Gubernur Sampaikan Rancangan Qanun Aceh Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun Anggaran 2023

Pemerintah

Pj Gubernur Ajak OJK Bersinergi Mewujudkan Pertumbuhan Sektor Keuangan Aceh

Pemerintah

Wakili Pj Bupati Aceh Besar, Adi Darma Buka Pendidikan Kader Ulama