Home / Pemerintah / Pendidikan

Senin, 5 Februari 2024 - 12:28 WIB

Disdik Aceh Gelar Try Out Generasi Gemilang, 33 Ribu Siswa se – Aceh Hadir

Redaksi - Penulis Berita

Kepala Bidang GTK, Muksalmina SP.d., M.Si

Kepala Bidang GTK, Muksalmina SP.d., M.Si

Acehpost.id | Banda Aceh – Tidak kurang dari 33 ribu siswa kelas XII SMA/SMK se-Aceh mengikuti Try Out Generasi Gemilang. Sebanyak 23 kabupaten/kota berpartisipasi dalam kegiatan ini. Try Out Generasi Gemilang ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dengan Bimbingan Belajar Fajar Harapan Nusantara Banda Aceh untuk persiapan SNBT serta Al Fatih Art Langsa untuk persiapan Sekolah Kedinasan.

 

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Alhudri, MM melalui Kepala Bidang GTK, Muksalmina SP.d., M.Si pada awak media mengatakan, try out ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari 5 hingga 7 Februari 2024. Sementara pelaksanaannya dibagi dalam setiap rayon dengan kapasitas penyelenggara sebanyak 11 ribu user setiap hari.

 

Adapun pelaksanaan ujian disusun dalam tiga sesi per hari dimana setiap kabupaten kota memiliki jadwal pada sesi tertentu. Dari sini disimpulkan, jumlah peserta yang besar menunjukkan gairah siswa di Aceh sangat antusias untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.

Baca Juga :  YBHA Peutuah Mandiri Gelar Workshop Penyusunan Qanun Gampong Dalam Penanganan Isu Anak dan Perempuan

 

“Meski bekerjasama dengan dua bimbel, pelaksanaan try out sendiri tidak mengutip biaya sepeserpun dari siswa. Kami melihat bahwa siswa perlu diasistensi sejak awal, terkait minat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan sekolah kedinasan,” kata Muksalmina, Senin, 5 Januari 2024.

 

Sebab, kata Muksal, para siswa harus diberikan pengetahuan terhadap pilihan yang akan diambil apalagi tidak semua orang beruntung melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), sebagian besar justru harus berjuang melalui jalur SNBT.

 

“Dinas Pendidikan hadir membantu siswa menentukan pilihan untuk kemudian diikhtiarkan melalui belajar yang lebih intensif,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Barat Kembali Terima Kucuran DIF, Pj Bupati Diundang Rakor ke Istana Wapres

 

Lebih lanjut Muksalmina menuturkan, try out dilaksanakan menggunakan aplikasi karya guru inti Aceh yang sebelumnya sudah dibekali dengan simulasi. Jawaban siswa nantinya akan masuk ke email masing-masing siswa sehingga siswa dapat mengonfirmasi jawaban untuk memperoleh pembahasan pada guru di sekolah, kemudian akan dijadwalkan kembali beberapa try out lanjutan untuk menguatkan pengetahuan siswa.

 

Sementara itu Martunis, Direktur Bimbel Fajar Harapan Nusantara menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan try out, siswa yang berprestasi akan mendapatkan bimbingan gratis dari lembaganya.

 

“Siswa yang memperoleh rangking 1 sampai 3 setiap kabupaten / kota akan diberikan bimbingan belajar gratis di Fajar Harapan Nusantara, Sementara rangking 6 – 10 akan memperoleh hadiah menarik lainnya,” katanya. []

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Program Kotan upaya BNN Wujudkan Kabupaten Bersih Narkoba

Berita

Perjuangan Pemulihan Identitas: Mahasiswa PMI UIN Ar-Raniry Bahas ‘Media dan Budaya’ dalam Kuliah Tamu

Pendidikan

Pj Geuchik Aneuk Laot Sabang Apresiasi Kegiatan Nusantara Mengabdi #3 Edusantara

Pendidikan

Peduli Disabilitas: Edusantara.id Melaksanakan Kegiatan Pemberdayaan di SLB Negeri 2 Sabang.

Pemerintah

Monitoring dan Evaluasi PKT Pamobvitnas Polda Aceh Bersama Forkopimda Aceh Timur

Pemerintah

Ir. Jailani Jabat Pj Bupati Pidie Jaya

Pendidikan

Pilpres dan Arah Masa Depan Negara-Bangsa
Foto. Mahasiswa Prodi kesos sedang mengikuti Internasional summer courses di medan tahun 2023. Ist

Berita

Prodi KESOS UIN Ar-Raniry, Prodi kesejahteraan Sosial satu satunya di Aceh