Home / Daerah

Senin, 24 Juni 2024 - 18:34 WIB

Diwakili Sekda Aceh Barat, Pj Bupati Mahdi Serahkan Raqan Pertangungjawaban APBK Aceh Barat 2023

MUHAMMAD NASIR - Penulis Berita

Acehpost.id,Meulaboh –  Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi, Sekda Aceh Barat, Marhaban SE MSi, Senin (24/06/2024), menyerahkan Rancangan Qanun (Raqan) Pertanggungjawaban APBK Aceh Barat tahun 2023, melalui Rapat Paripurna ke-4 masa sidang ke-2 DPRK Aceh Barat. Acara itu berlangsung di Ruang Sidang Utama, DPRK Aceh Barat. 

Naskah pertanggungjawaban itu diterima langsung oleh Ketua DPRK Aceh Baratm Samsi Barmi yang didampingi Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, Ramli SE.

 

Sekda Marhaban, dalam kesempatan itu  menyampaikan sambutannya menyampaikan, penyerahan Raqan Pertanggungjawaban APBK 2023 itu juga karena telah selesainya proses audit dan pemberian opini terhadap laporan keuangan oleh BPK RI Perwakilan Aceh. 

 

Marhaban menyatakan, “Dengan telah selesainya proses audit dan pemberian opini terhadap laporan keuangan oleh BPK RI Perwakilan Aceh, maka Rancangan Qanun Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBK Aceh Barat Tahun Anggaran 2023 telah dapat diajukan ke DPRK Aceh Barat untuk dibahas.”

Baca Juga :  Hari ke dua Kejar Target, Satgas TMMD Reguler Ke - 120 Kodim 0105/Abar Tetap Bekerja Membuka Body Jalan

 

Marhaban menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Aceh Barat menyerahkan Rancangan Qanun Kabupaten Aceh Barat tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBK, yang memuat secara rinci laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2023. Langkah ini juga sesuai dengan regulasi yang ada.

Secara ringkas, Marhaban menyampaikan beberapa poin penting dari laporan keuangan tahun anggaran 2023, yaitu:

 

  1. Realisasi Pendapatan Daerah sebesar Rp1.351.975.407.387,50 (satu triliun, tiga ratus lima puluh satu milyar, sembilan ratus tujuh puluh lima juta, empat ratus tujuh ribu, tiga ratus delapan puluh tujuh koma lima puluh rupiah).

 

  1. Realisasi Belanja Daerah sebesar Rp1.355.619.103.188,43 (satu triliun, tiga ratus lima puluh lima milyar, enam ratus sembilan belas juta, seratus tiga ribu, seratus delapan puluh delapan koma empat puluh tiga rupiah).
Baca Juga :  Pj Bupati Amrullah Bahas Arah Pembangunan Aceh Timur Dengan Ketua DPRK

 

  1. Pembiayaan Netto, yang mencakup penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan daerah, dengan realisasi sebesar Rp107.759.218.969,37 (seratus tujuh milyar, tujuh ratus lima puluh sembilan juta, dua ratus delapan belas ribu, sembilan ratus enam puluh sembilan koma tiga puluh tujuh rupiah).

 

Marhaban juga menyebutkan bahwa uraian dan penjelasan lebih lanjut telah tersaji dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Barat Tahun Anggaran 2023. 

Sidang tersebut menjadi langkah penting dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, serta sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah kepada masyarakat dan lembaga legislatif.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kemenag RI Visitasi Penyelenggaraan Program Muadalah setingkat SMP dan SMA di Yayasan Dayah Pesantren Hidayatul Al Mustafid Nagan Raya.

Daerah

Satresnarkoba Polres Aceh Barat Amankan 3 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika

Daerah

Kapolres Nagan Raya Tinjau dan Panen Raya Kebun Cabai di Beutong Ateuh Banggalang

Daerah

Pemkab Nagan Raya Terima Insentif Fiskal Rp5,84 Miliar atas Kinerja Pengendalian Inflasi

Daerah

Pj Bupati Nagan Raya Diwakili Staf Ahli,Sosialisasi Hak dan Kewajiban Perpanjakan Bendaharawan Pemerintah.

Daerah

Pj Bupati Amrullah Dipeusijuek Ulama Kharismatik Aceh Abu Paya Pasi

Daerah

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Kantor Berita NOA.co.id  

Daerah

Pemkab Nagan Raya Usulkan Sejumlah Jembatan Gantung