Home / Daerah

Selasa, 5 Desember 2023 - 19:02 WIB

DKPP Bersama Dinas Pangan Aceh dan Perum Bulog Aceh Gelar Gerakan Pangan Murah di Nagan Raya

Redaksi - Penulis Berita

Gerakan Pangan Murah (GPM) DKPP Nagan Raya bersama Dinas Pangan Aceh dan Perum Bulog Aceh Cabang Meulaboh di Halaman Kantor Camat Seunagan. Selasa (05/12/2023). [Dok : Istimewa]

Gerakan Pangan Murah (GPM) DKPP Nagan Raya bersama Dinas Pangan Aceh dan Perum Bulog Aceh Cabang Meulaboh di Halaman Kantor Camat Seunagan. Selasa (05/12/2023). [Dok : Istimewa]

Acehpost.id | Nagan Raya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan (DKPP) bekerja sama dengan Dinas Pangan Aceh dan Perum Bulog Kanwil Aceh Cabang Meulaboh menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM).

Kegiatan gerakan pangan murah itu, di buka Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S,Sos.,M.Si diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Nasruddin SH yang berlangsung di halaman kantor Camat Seunagan, kabupaten setempat. Selasa (5/12/2023).

Pada kesempatan itu, Nasruddin mengatakan Gerakan Pangan Murah merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi pengeluaran masyarakat disaat harga bahan pokok mengalami kenaikan yang disebabkan harga barang di pasar tidak stabil akibat terjadinya inflasi.

Ia menyampaikan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemantauan dan berbagai program untuk menangani kenaikan harga pangan tersebut.

“Dalam rangka pengendalian inflasi, salah satu program pemerintah adalah gerakan pangan murah (GPM) yaitu untuk menstabilkan harga pangan. Sehingga masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok pangan dengan harga yang relatif lebih murah,” ujar Nasruddin.

Baca Juga :  Pemkab Nagan Raya Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Desember Pekan Depan

Dikatakan, saat ini kondisi perekonomian sedang mengalami pukulan berat, itu merupakan dampak dari inflasi yang sangat berpengaruh pada tingginya harga pangan pokok di tengah-tengah masyarakat.

“Kenaikan harga komoditas pangan menjadi perhatian bagi kita semua, maka dari itu pemerintah melakukan upaya untuk membantu perekonomian masyarakat dalam bentuk gerakan pangan murah ini,” kata Nasruddin.

Melalui kegiatan GMP ini, Nasruddin berharap, harga-harga yang tadinya lumayan tinggi pada akhirnya bisa turun secara bertahap dan kembali stabil.

Sebelumnya, Kepala DKPP Kabupaten Nagan Raya, Azman S.Hut menyebutkan, bahwa Gerakan Pangan Murah ini menjual sembako yang sudah disubsidi oleh pemerintah.

Azman merincikan sembako yang dijual diantaranya berupa, Beras Premium 5 Kg jumlah 400 Pcs dengan harga jual Rp. 40.000,-/pcs, Gula Pasir 2 kg dengan jumlah 350 Pcs dengan harga jual Rp. 26.000,-/pcs.

Kemudian, minyak goreng 2 liter dengan jumlah 350 pcs harga jual Rp. 32.000,-/pcs dan Telur Ayam Ras jumlah 350 papan dengan harga jual Rp. 40.000,-/papan. Dengan total harga per paketnya yaitu Rp.138.000.-

Baca Juga :  Lomba Peuayon Aneuk Nagan Raya Jadi Pusat Perhatian Penonton di PKA 8

“Untuk beras premium sendiri telah disubsidi sebesar Rp. 6.000,-/kg, gula pasir Rp. 5.000,-/kg, kemudian minyak goreng Rp. 5.000,-/liter serta telur ayam ras Rp. 10.000,-/papan subsidinya,” jelas Azman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Aceh yang diwakili Sub Koordinator Distribusi Pangan Aceh, Ir. Irwan, MM menyampaikan, Dinas Pangan Aceh meluncurkan program gerakan pangan murah (GPM) di Kabupaten Nagan Raya sebanyak 1 titik yaitu di Kecamatan Seunagan.

“Gerakan pangan murah ini bertujuan agar dapat menjaga pasokan dan stabilitas harga pangan, menekan laju inflasi dan membantu masyarakat yang menerima manfaat dari GPM pada hari ini,” papar Irwan.

Dikatakan, selain di Kabupaten Nagan Raya, Gerakan Pangan Murah ini juga di adakan di 10 kabupaten/kota lainnya yang tersebar di Provinsi Aceh.

Turut hadir, Sekretaris DKPP Said Rizal SE, Kabid Pangan DKPP, Nazaruddin, SP, Forkopimcam Seunagan, unsur Dinas Pangan Aceh serta Masyarakat Penerima Manfaat GPM. ***

Share :

Baca Juga

Daerah

Personil Polres Nagan Raya Sosialisasikan Bahaya Judi Online kepada Masyarakat dan pelajar

Berita

Fokusgampi Qurban Dua Ekor Sapi untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pidie di Banda Aceh

Daerah

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Bendera Merah Putih 17 – an Sekaligus Membacakan Amanat Pangdam IM

Daerah

Laka Lantas di Desa Suak Nie, Tiga Korban Alami Luka Berat

Daerah

Maknai Idul Adha Dengan Syukur, Keluarga Besar Kodim 0105/Abar Bagikan Daging Qurban Kepada Kaum Marginal

Daerah

Tabrakan Maut Motor Vs Motor di Aceh Barat, Tiga Meninggal Dunia

Daerah

Meskipun diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Berlangsung Meriah

Daerah

Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban