Home / Daerah

Minggu, 10 Desember 2023 - 18:43 WIB

DKPP Salurkan Bibit Ikan dan Pakan untuk Masyarakat Miskin di Kecamatan Kuala

Redaksi - Penulis Berita

Pj Bupati Fitriany Farhas dan Kepala DKPP Azman menyerahkan Secara Simbolis Bibit Ikan serta Pakan kepada Camat Kuala, Jufrijal. [Dok : Istimewa]

Pj Bupati Fitriany Farhas dan Kepala DKPP Azman menyerahkan Secara Simbolis Bibit Ikan serta Pakan kepada Camat Kuala, Jufrijal. [Dok : Istimewa]

Acehpost.id | Nagan Raya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan (DKPP) menyalurkan bibit ikan lele beserta pakannya untuk masyarakat miskin di Kecamatan Kuala dan Kuala Pesisir tahun 2023.

Bibit ikan lele tersebut diserahkan langsung Penjabat (Pj) Bupati Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si kepada masyarakat penerima manfaat secara simbolis, yang berlangsung di Gedung Balai Pertanian, Gampong Puloe Ie, Kecamatan Kuala, Minggu (10/12/2023).

Dalam arahannya, Pj Bupati Fitriany mengatakan bahwa bantuan ikan lele ini tidak semua desa mendapatkannya hanya desa tertentu yang memenuhi kriteria berdasarkan data dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Saya berharap bantuan ikan lele ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang memperolehnya, misalnya kalau sudah panen bisa dijual ke pasar, dan uang tersebut bisa diputar lagi untuk budidaya ikan lele baru dan bisa dibeli bibit lagi, istilahnya berkesinambunganlah budidaya ikan lele ini,” kata Pj Bupati.

Selain itu, Pj Bupati juga mengintruksikan kepada penyuluh perikanan dari DKPP, untuk selalu mengontrol dan mendampingi para penerima manfaat ikan lele tersebut, hingga mereka panen.

“Para penyuluh perikanan dari DKPP, tolong selalu mendampingi para penerima manfaat ini, sampai mereka panen dan sudah layak untuk di jual maupun dikomsumsi sendiri,” tegasnya.

Kepada penerima bantuan ikan lele, Pj Bupati meminta, untuk selalu berkoordinasi dengan penyuluh perikanan dan bertanya apa yang tidak paham tentang budidaya ikan lele serta pemeliharaannya.

Baca Juga :  Diskominfotik Nagan Raya Adakan Bimtek Unggah Data SATA NARA Bagi ASN Bagian Data Dinas

“Nanti akan dikasih nomor kontak penyuluh perikanan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu penerimaan manfaat ini. Tolong dikonsul atau ditanyakan bagaimana proses pemeliharaannya, istilahnya apa-apa yang belum paham tolong ditanyakan kepada penyuluh sampai bapak ibu panen ikan lele ini,” pintanya.

Di samping itu, Fitriany Farhas juga meminta kepada warga yang hadir disitu, untuk membuat kebun pangan lestari di pekarangan rumah seperti menanam tomat, cabai, kangkung dan tanaman palawija lainnya, yang hasilnya bisa dijual dan untuk konsumsi.

“Selain bapak ibu kasih makan ikan serta pemeliharaan lele, bapak ibu buat juga kebun tanaman pangan lestari diarea rumah yang hasilnya bisa di konsumsi sendiri, dengan tujuannya menekan angka inflasi di daerah kita,” jelasnya.

Kepada camat dan keuchik, Pj Bupati juga mengintruksikan untuk turut mendampingi dan mengontrol bantuan ikan lele bagi penerima manfaat, serta untuk didata kembali masyarakat yang belum mendapatkan bantuan yang termasuk dalam kategori mendapatkan bantuan.

“Kepada camat dan keuchik, nanti tolong di data kembali bagi masyarakat yang termasuk kategori mendapatkan bantuan bedasarkan kriteria tertentu, tapi belum mendapatkan bantuan, karena kita di Dinas Lingkungan Hidup ada bantuan 250 tanaman batang keras, seperti durian, duku dan mangga untuk dibagikan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Masyarakat Aceh Timur Kec. Birem Bayeun, Kec. Rantau Pereulak Kec. Sungai Raya Deklarasi Prabowo dan Gibran Sebagai residen Indonesia

Di akhir arahannya, Pj Bupati juga mengintruksikan kepada camat dan kechik untuk selalu menampung aduan dan keluhan masyarakat untuk diteruskan kepada dinas-dinas terkait untuk dicarikan solusinya.

Sementara itu, Kepala DKPP Azman S.Hut menyampaikan selain di Kecamatan Kuala dan Kuala Pesisir, bantuan ikan lele beserta pakannya juga diberikan kepada masyarakat Kecamatan Tadu Raya dan Darul Makmur, dengan jumlah 20 desa dan total penerima keseluruhan 68 orang jumlah bantuan 136 ribu bibit lele.

“Adapun desa di Kecamatan Kuala yang mendapat Bantuan ini di antaranya Desa Ujong Padang, Gunong Reubo, Kuta Makmue, Blang Baroe, Jokja dan Purworejo dan Kuala Pesisir yaitu Purwodadi, Jatirejo Padang Panyang, Padang Rubek dan Langkak, dan satu orang mendapatkan 2 ribu bibit ikan lele,” katanya.

Azman menambahkan, selain bibit ikan lele dan pakan, pihaknya juga memberikan, arnet, timbangan, ember, serokan serta obat-obatan dan vitamin untuk ikan.

“Untuk arnet, timbangan, ember dan serokan ini jangan dijual, apabila bapak-ibuk kedapatan menjualnya, ke depan kemungkinan tidak diberikan lagi bantuan kepada saudara sekalian,” tutup Kadis DKPP Azman.

Turut hadir Camat Kuala, Keuchik Puloe ie, perwakilan keuchik dari Kecamatan Kuala dan Kuala Pesisir, unsur DKPP dan penyuluh perikanan beserta masyarakat penerima manfaat di Kecamatan Kuala dan Kuala Pesisir. ***

Share :

Baca Juga

Berita

Pilpres dan Pileg 2024; antara Idealisme dan Harga Diri

Daerah

Projo Aceh Jaya membagikan 1000 paket susu kue dan buah gratis untuk masyarakat Aceh Jaya

Daerah

Momentum Isra’ Mi’raj, Alumni IKAS Saling Mendorong di Jalur Politik

Daerah

Dayah Tauthiatul Maghfirah Gampong Blang Krueng Aceh Besar Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Berita

Hafid Aiman Nahkodai Sanggar Seni Seulaweut 2024

Daerah

Warga Desa Meudang Ara Keluhkan Kabel Listrik Berantakan

Daerah

Iptu Vitra Ramadani Jabat Kasat Reskrim Polres Nagan Raya, Sekilas Jejak Rekamnya di Kepolisian

Berita

Kecam Pembunuhan Pemuda Pidie di Aceh Besar, Fokusgampi: Pihak Kepolisian Harus Mengusut tuntas Kasus ini