Home / Daerah

Rabu, 13 Desember 2023 - 20:00 WIB

DPD BKPMRI Nagan Raya Gelar Pelatihan Manajemen Remaja Masjid dan Guru TPA

Redaksi - Penulis Berita

DPD BKPMRI Nagan Raya bekerja sama dengan dinas Syariat Islam Nagan Raya menggelar Pelatihan Manajemen Remaja Masjid dan Guru TPA Nagan Raya, di Aula Sekda setempat, Rabu (13/12/2023).

DPD BKPMRI Nagan Raya bekerja sama dengan dinas Syariat Islam Nagan Raya menggelar Pelatihan Manajemen Remaja Masjid dan Guru TPA Nagan Raya, di Aula Sekda setempat, Rabu (13/12/2023).

Acehpost.id | Nagan Raya – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPMRI) Nagan Raya bekerja sama dengan dinas Syariat Islam Nagan Raya menggelar Pelatihan Manajemen Remaja Masjid dan Guru TPA Nagan Raya, di Aula Sekda setempat, Rabu 13 Desember 2023.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas diwakili Asisten I Bupati Zulfika, SH, Kadis Syari’at Islam melalui Kepala Bidang Bina Peribadatan dan Pendidikan Dayah, Musiddiq Adnan, S.HI., M.Si, Samsul Bahri, Imam Masjid Giok Nagan Raya, Indra Nur Alam, ketua DPD BKPRMI Nagan Raya, Husen, S.Sy., M.Ag, dan Sekretaris M Nahyan Zulfikar, SH., MH.

Ketua panitia Azhar Hasan, SE M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Barisan Muda Al Aqsha, Ajak Pemuda dan Masyarakat Bantu Galang Dana untuk Palestina

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Syariat Islam Nagan Raya yang telah bekerjasama dalam kegiatan ini, sehingga acara terlaksana dengan lancar,”ucapnya.

Dirinya menjelaskan, pelatihan manajemen ini diikuti oleh peserta dari seluruh remaja Masjid dan Guru TPA di Kabupaten Nagan Raya.

“Remaja Masjid haruslah memiliki semangat membara untuk menghidupkan masjid, dan ini menjadi peran besar dalam mengajak pemuda-pemuda,”jelasnya.

Ketua DPD BPPRMI Nagan Raya, Husen, S.Sy., M.Ag mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis terkait

Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) dan manajemen remaja Masjid.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bimbingan bagi remaja masjid dan guru TPA, agar bisa mengelola dan menghidupkan kembali Masjid dengan kegiatan keagamaan,”katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas melalui Asisten I Setda Aceh, Zulfika SH mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut.

Baca Juga :  Direktur RSUD SIM Nagan Raya Terima Penghargaan dari National Award Foundation, dr Hj Cut Yuliza Sutifa: Terima Kasih Ibu Pj

Dirinya meminta agar BPMRI Nagan Raya bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menghidupkan kegiatan keagamaan untuk memakmurkan Masjid.

“Bagaimana kita bisa kembali menghidupkan semua Masjid-masjid, termasuk Masjid Giok, kita hidupkan dengan kegiatan remaja Masjid dan korelasi dengan penegakan syariat Islam dan dakwah di Nagan Raya,”pintanya.

Ia mengaku, Pemerintah daerah membutuhkan remaja masjid yang punya karakter untuk memberi pemahaman keilmuan kepada generasi muda Islam.

Terkait Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Inti, Ia meminta pemerintah desa agar bisa mengalokasikan anggaran Dana Desa untuk menghidupkan TPA inti.

“Tujuannya dalam satu tahun anggaran, kita bisa melahirkan satu orang minimal yang bisa menjadi penghafal Al Qur’an,”demikian tutupnya. ***

Share :

Baca Juga

Berita

Pilpres dan Pileg 2024; antara Idealisme dan Harga Diri

Daerah

Projo Aceh Jaya membagikan 1000 paket susu kue dan buah gratis untuk masyarakat Aceh Jaya

Daerah

Momentum Isra’ Mi’raj, Alumni IKAS Saling Mendorong di Jalur Politik

Daerah

Dayah Tauthiatul Maghfirah Gampong Blang Krueng Aceh Besar Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Berita

Hafid Aiman Nahkodai Sanggar Seni Seulaweut 2024

Daerah

Warga Desa Meudang Ara Keluhkan Kabel Listrik Berantakan

Daerah

Iptu Vitra Ramadani Jabat Kasat Reskrim Polres Nagan Raya, Sekilas Jejak Rekamnya di Kepolisian

Berita

Kecam Pembunuhan Pemuda Pidie di Aceh Besar, Fokusgampi: Pihak Kepolisian Harus Mengusut tuntas Kasus ini