Home / Daerah

Minggu, 30 Juni 2024 - 13:54 WIB

Hadapi Musim Tanam, Pemkab Nagan Raya Kerahkan Alat Berat untuk Optimasi Beberapa Intake Irigasi

MUHAMMAD NASIR - Penulis Berita

Acehpost.id, Suka Makmue – Menanggapi keluhan masyarakat terkait kekurangan air irigasi di beberapa area persawahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bergerak cepat dengan mengerahkan alat berat excavator untuk melakukan optimasi intake jaringan irigasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran musim tanam rendengan dan membantu para petani dalam mencapai hasil panen padi yang optimal.

 

Beberapa area persawahan yang mengalami kekurangan air irigasi tersebut meliputi Kemukiman Bungong Taloe dengan sumber air Intake daerah irigasi (D.I.) Bungong Talo Desa Ujong Blang, Kemukiman Pulo Raga dengan sumber air Intake D.I. Pulo Raga, dan Desa Cot Gud dengan sumber air suplesi irigasi Cot Gud.

 

“Setelah menerima laporan dari masyarakat, saya langsung memerintahkan Kadis PUPR untuk segera mengirimkan alat berat dalam rangka membersihkan penyumbatan aliran air pada irigasi,” ujar Pj. Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas,. AP., S.Sos., M.Si., Minggu (30/6/2024).

 

Menurut Fitriany, upaya gerak cepat ini dilakukan untuk mendukung para petani dalam menggarap sawah mereka dan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Nagan Raya. 

Baca Juga :  Pj Bupati Muhammad Iswanto Pimpin Rombongan Balee Beut Meuligoe Doakan Waled Husaini

 

“Semoga dengan dilaksanakannya optimasi bangunan intake irigasi ini, dapat membantu para petani di Nagan Raya untuk kembali menggarap sawah dengan lancar dan hasil panen padi dapat meningkat,” imbuh Pj. Bupati Fitriany Farhas.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nagan Raya, Ir. Tamarlan, ST didampingi Kepala Bidang Pengairan, Ir. Irwansyah, S.T., M.T. mengatakan bahwa kurangnya kemampuan bangunan pengambilan (intake) untuk mengairi air irigasi ke saluran sekunder dan tersier telah menyebabkan kesulitan bagi para petani dalam mendapatkan air untuk mengairi sawah mereka.

 

Lebih lanjut Tamarlan menjelaskan bahwa untuk mengatasi kekurangan air tersebut, Dinas PUPR Nagan Raya melakukan beberapa upaya dan langkah-langkah dengan mengerahkan alat berat berupa excavator, di antaranya untuk area persawahan Kemukiman Bungong Taloe dilakukan penggalian/pembersihan areal upstream intake dan rehabilitasi tanggul pengarah pada bangunan intake.

Baca Juga :  PJ Bupati Nagan Raya Resmi buka Pelaksanaan TMMD Reguler ke-120

 

“Untuk area persawahan Kemukiman Pulo Raga, telah dilakukan pembuatan bendung pengarah dan saluran pengarah dari Sungai ke intake Pulo Raga untuk area persawahan Kemukiman Pulo Raga, sedangkan untuk area Desa Cot Gud akan dibuat shortcut saluran dari Sungai ke Intake Cot Gud,” jelas Tamarlan.

 

Selain itu, Dinas PUPR Kabupaten Nagan Raya juga berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera-I Kementerian PUPR terkait pengoperasian pintu intake Jeuram kanan agar dapat dioperasikan dengan baik untuk melayani air irigasi di area persawahan dari Kecamatan Beutong hingga Kecamatan Kuala mengingat jaringan irigasi tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat.

 

Secara terpisah, Imum Mukim Bungong Taloe Kecamatan Beutong, Bukhari menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Nagan Raya atas gerak cepat dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

 

“Mewakili masyarakat Kemukiman Bungong Taloe, kami menyampaikan terima kasih kepada Ibu Pj Bupati beserta jajaran atas respon cepat ini, untuk membantu para petani dalam menggarap sawah menjelang musim tanam tiba,” ucap Bukhari.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kemenag RI Visitasi Penyelenggaraan Program Muadalah setingkat SMP dan SMA di Yayasan Dayah Pesantren Hidayatul Al Mustafid Nagan Raya.

Daerah

Satresnarkoba Polres Aceh Barat Amankan 3 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika

Daerah

Kapolres Nagan Raya Tinjau dan Panen Raya Kebun Cabai di Beutong Ateuh Banggalang

Daerah

Pemkab Nagan Raya Terima Insentif Fiskal Rp5,84 Miliar atas Kinerja Pengendalian Inflasi

Daerah

Pj Bupati Nagan Raya Diwakili Staf Ahli,Sosialisasi Hak dan Kewajiban Perpanjakan Bendaharawan Pemerintah.

Daerah

Pj Bupati Amrullah Dipeusijuek Ulama Kharismatik Aceh Abu Paya Pasi

Daerah

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Kantor Berita NOA.co.id  

Daerah

Pemkab Nagan Raya Usulkan Sejumlah Jembatan Gantung