Home / Daerah

Rabu, 20 Desember 2023 - 14:55 WIB

Kenali Dunia Medis dan Tingkatan Minat Belajar, Gudep Pramuka MAS Kuala Kunjungi RSUD SIM Nagan Raya

Redaksi - Penulis Berita

Acehpost.id | Nagan Raya – Sebanyak 30 anggota pramuka penegak Gugusdepan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kuala melakukan kegiatan Hospital Tour ke Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda (RSUD SIM) Kabupaten Nagan Raya pada Senin 18 Desember 2023.

Kunjungan itu dilakukan dengan tujuan mengenal lebih dekat Rumah Sakit dan dunia Medis serta mengajak peserta didik untuk menyaksikan dinamisasi dunia kerja bidang kesehatan secara langsung.

Selain itu, tujuan selanjutnya dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pengalaman kegiatan kepramukaan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala MAS Kuala Syariffuddin Zaikani, selaku Ketua Majelis Gugusdepan Gerakan Pramuka dan turut serta hadir beberapa orang pembina pramuka.

Peserta disambut dengan ramah oleh Kasubbag Umum RSUD SIM, Darmaini, didampingi oleh para Kasi, staf dan kepala ruangan perawatan di aula setempat.

Di awali dengan acara temu ramah dan pemberian materi mengenai Profil RSUD SIM dan Sistem Pelayanan Rumah Sakit secara umum. Dipaparkan juga keunggulan RSUD SIM dalam programnya, Orientasi alkes dan faskes.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab dan Praktek Cuci tangan

Baca Juga :  Melalui Dinsos, PLTU 1-2 Nagan Raya Serahkan Bantuan Kursi Roda untuk Disabilitas

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kegiatan literasi dan observasi dipandu oleh Agus Wandi, Staf Humas dari rumah sakit, berkeliling melihat berbagai fasilitas dan bentuk layanan rumah sakit.

Ada rasa kagum pada para peserta melihat fasilitas dan layanan yang begitu lengkap dan modern dan hospitality (keramahan) dari para perawatnya.

Therapeutic communication, salah satu skill penting perawat, memang benar-benar sangat terasa selama peserta berada dan berkeliling di rumah sakit tersebut dari mulai bagian loby rumah sakit, admission, rawat inap, Emergency Unit, poliklinik, kamar mayat dan lain sebagainya.

Kenyamanan dan keramahan memang menjadi salah satu daya tarik disamping fasilitas dan layanan yang dimiliki rumah sakit tersebut. Setidaknya demikianlah yang dirasakan para peserta didik selama kunjungan tour tersebut. Antuasiasme peserta didik yang sangat tinggi

Direktur RSUD SIM Nagan Raya Hj Cut Yuliza Sutifa diwakili Kasubag Umum, Darmaini, menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik atas kunjungan adek adek pramuka gugusdepan MAS Kuala.

“Ini kegiatan pertama kali yang dilakukan peserta dari Gerakan Pramuka dan berharap dapat terus dilanjutkan kunjungannya ke Rumah Sakit dalam rangka mengenal berbagai layanan, manajemen, dan fasilitas yang memadai dari sebuah rumah sakit,” kata Darmaini.

Baca Juga :  Kick Off Gerakan Investasi Serentak Mencegah Stunting

Kata dia menambahkan, oleh karenanya, Rumah sakit tidak hanya diperuntukkan bagi pasien yang sedang menjalani perawatan, tetapi juga merupakan tempat belajar bagi peserta didik yakni pelajar.

Sementara, Kepala MAS Kuala , Syariffuddin Zaikani, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas sambutan dan pelayanan yang diberikan selama kegiatan berlangsung sehingga peserta didik sangat senang dan antusias mengikuti agenda kegiatan.

“Tujuan hospital tour ini adalah memberikan edukasi kesehatan kepada peserta didik dan memperkenalkan beragam profesi yang ada di rumah sakit. Disamping itu, untuk menambah wawasan peserta didik tentang rumah sakit”, ungkap Syarifuddin Zaikani.

Ia juga berharap, kerjasama ini dapat terbina dengan baik. Sehingga adek adek dapat memahami dunia kerja medis dan kesehatan dengan memperoleh referensi serta pengalaman berharga dalam mempersiapkan diri mewujudkan cita cita.

“Semoga Rumah Sakit dapat dijadikan sebagai wahana wisata edukasi yang menarik dan bermanfaat bagi peserta didik di masa akan datang,” ucap Syarifuddin. ***

Share :

Baca Juga

Daerah

Personil Polres Nagan Raya Sosialisasikan Bahaya Judi Online kepada Masyarakat dan pelajar

Berita

Fokusgampi Qurban Dua Ekor Sapi untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pidie di Banda Aceh

Daerah

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Bendera Merah Putih 17 – an Sekaligus Membacakan Amanat Pangdam IM

Daerah

Laka Lantas di Desa Suak Nie, Tiga Korban Alami Luka Berat

Daerah

Maknai Idul Adha Dengan Syukur, Keluarga Besar Kodim 0105/Abar Bagikan Daging Qurban Kepada Kaum Marginal

Daerah

Tabrakan Maut Motor Vs Motor di Aceh Barat, Tiga Meninggal Dunia

Daerah

Meskipun diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Berlangsung Meriah

Daerah

Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban