Home / Daerah

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:43 WIB

Kick Off Gerakan Investasi Serentak Mencegah Stunting

MUHAMMAD NASIR - Penulis Berita

Acehpost.id, Meulaboh – Kick Off Gerakan intervensi serentak untuk mencegah stunting sebagai langkah konkret untuk menyatukan berbagai upaya dalam mengatasi masalah stunting di daerah

Penjabat Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi mengatakan Gerakan ini sejalan dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, serta menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting, ucap Mahdi di Meulaboh, Rabu, (12/06/2024).

Menurut nya, Gerakan ini mencakup berbagai program dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pemenuhan gizi anak, serta memberikan dukungan langsung kepada keluarga yang membutuhkan.

Baca Juga :  Kuatkan Ekonomi Kerakyatan, Babinsa Koramil 04/Mrb Bantu Petani Panen Sayuran Kangkung

Lebih lanjut ia menjelaskan, Berdasarkan data E-PPGBM pengukuran bulan April tahun 2024, balita stunting di Kabupaten Aceh Barat tercatat berjumlah 122 orang. Hal ini membutuhkan perhatian khusus dari seluruh elemen masyarakat, termasuk jajaran Forkopimda, SKPK terkait, para tenaga kesehatan, dan seluruh elemen masyarakat dalam melakukan berbagai bentuk intervensi guna terus menurunkan angka stunting tersebut, sebutnya.

Selain itu, kata dia, kita juga perlu mendorong percepatan penurunan stunting melalui gerakan Posyandu Terintegrasi, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2011 tentang pengintegrasian layanan sosial dasar di pos pelayanan terpadu, ujarnya.

Baca Juga :  Wakili Pj Bupati, Asisten I Sekda Aceh Besar Hadiri Pembukaan Billion Fest 2024 di Lanud SIM

“Pengintegrasian layanan sosial dasar di Posyandu adalah upaya untuk mengkolaborasikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat, meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahtaan pangan keluarga, dan kesejahteraan sosial”.

Dikatanya, Dalam mendukung implementasi program ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Kesehatan telah meluncurkan program inovasi “Gerak Padu Merdeka” (Gerakan Aktifkan Posyandu untuk Mewujudkan Generasi Emas Desa Kita), yang diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta melahirkan generasi emas Aceh Barat yang mampu berperan dalam mewujudkan kemajuan daerah ke depan. Pungkas Mahdi.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kemenag RI Visitasi Penyelenggaraan Program Muadalah setingkat SMP dan SMA di Yayasan Dayah Pesantren Hidayatul Al Mustafid Nagan Raya.

Daerah

Satresnarkoba Polres Aceh Barat Amankan 3 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika

Daerah

Kapolres Nagan Raya Tinjau dan Panen Raya Kebun Cabai di Beutong Ateuh Banggalang

Daerah

Pemkab Nagan Raya Terima Insentif Fiskal Rp5,84 Miliar atas Kinerja Pengendalian Inflasi

Daerah

Pj Bupati Nagan Raya Diwakili Staf Ahli,Sosialisasi Hak dan Kewajiban Perpanjakan Bendaharawan Pemerintah.

Daerah

Pj Bupati Amrullah Dipeusijuek Ulama Kharismatik Aceh Abu Paya Pasi

Daerah

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Kantor Berita NOA.co.id  

Daerah

Pemkab Nagan Raya Usulkan Sejumlah Jembatan Gantung