Home / Daerah

Senin, 11 Desember 2023 - 21:54 WIB

Koleksi Batu Hiasan Giok Nagan Raya Bius Ratusan Pengunjung di Stand Expo UMKM

Redaksi - Penulis Berita

Acehpost.id | Nagan Raya – Penyelenggaraan Event Expo UMKM Unggulan di Kabupaten Nagan Raya usai sudah pelaksanaannya.

Berbagai rangkaian ditampilkan mulai Talkshow Pameran UMKM, Lomba Masak, Gerai UMKM, Penampilan Musik dan Bazar kuliner hingga ditutup dengan pengumuman juga penampilan Artis Aceh Bergek.

Bukan tanpa alasan, moment tersebut sangat dimanfaatkan Deski seorang warga Kecamatan Beutong, Nagan Raya dengan dagangan dan kerajinannya untuk dipamerkan di arena Stand Expo di Alun-Alun Suka Makmue, dari pembukaan 7 hingga 9 Desember penutupan.

Pun demikian, dengan nama usahanya, Deski Giok Jewellery, itu mampu membius pengunjung mencapai ratusan ke Stand di pojok arah jalan keluar (Selatan) di arena Expo itu. Kepada media ini, Ia mengaku, koleksi batu alam jenis giok itu ditekuninya dari 2016 sampai sekarang.

Menurutnya, masih bertahan melakukan dagangan koleksi itu karena peminatnya banyak permintaan akan nilai jual. Hal itu kata Deski, bahan giok yang beragam bentuk, baik dari gelang, cincin, kalung, sampai untuk ole-ole cenderamata khas giok Nagan sampai mancanegara.

Baca Juga :  Hafid Aiman Nahkodai Sanggar Seni Seulaweut 2024

“Saya masih bertahan jualan dagangan koleksi batu alam giok ini karena peminatnya, awalnya buming Giok ini sejak 2014 silam, yakni dari dan untuk cendera mata, sampai ole-ole hingga sebagai perhiasan-perhiasan lainnya. Pemesanannya baik secara online maupun COD,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Deski dengan usahanya itu sudah mengikuti berbagai penyelenggaraan Expo baik lokal maupun luar Daerah bahkan Nasional. Saat ini akuinya sudah menjadi binaan Disperindagkop Aceh dan Dekranasda Nagan Raya.

“Sudah berbagai Event telah diikuti, diantara dengan membawa nama giok Nagan ke luar daerah dan Event Nasional,” tutur Deski dengan keberuntungan dalam Expo Nagan Raya itu mencapai omset jutaan rupiah.

Dikesempatan itu, Deski menyampaikan, kegiatan Expo yang demikian tidaklah pendek waktu penyelenggaraan, melainkan supaya dilaksanakan dengan jangka waktu panjang dan lama.

“Kegiatan seperti ini, bagusnya dilaksanakan sampai satu Minggu, minimal 5 hari. Event-Event yang begini dapat memutar uang bagi pelaku UMKM, Pedagang, maupun menghematkan waktu bersama keluarga, imbuh Deski, 30 tahun, itu.

Baca Juga :  Oknum Pemuda Nagan Raya Sering Transaksi Sabu, HMI STIAPEN Dukung Polisi Berantas Narkoba

Sementara diwaktu bersamaan, Tenaga Pendamping UMKM Nagan Raya, Erwin Agustiawan, A.Md, AK, media ini mengatakan semoga termotivasi dengan adanya kegiatan seperti ini, terkembangkan lagi baik dengan motifnya sampai dikenalkan lebih luas bahkan jaringan Nasional.

Pintanya Erwin, terhadap produk yang dipamerankan itu betul-betul menjaga kualitas. Bahkan dari pihak Dinas Disperindagkop dan UKM Nagan Raya memberikan pembinaan dengan tidak menghilangkan adat istiadat kekhususan Kabupaten Nagan Raya.

“Dalam Expo ini juga yang mengikuti telah mendapat pembinaan sebelunya, seperti stand Giok, produk Indah batok kelapa, akrilik, kerjanian rotan, bubuk kopi dan lainnya. Yang ikut UMKM ini merupakan hasil binaan Disperindagkop UKM Nagan Raya,” ucap Erwin.

Disisi lain juga, ia berujar, jika ada para masyarakat yang ingin menampilkan atau memiliki usaha UMKM nya, agar dapat dilaporkan ke Disperindahkop, dan supaya mendapatkan pembinaan dan pelatihan lainnya. ***

Share :

Baca Juga

Berita

Pilpres dan Pileg 2024; antara Idealisme dan Harga Diri

Daerah

Projo Aceh Jaya membagikan 1000 paket susu kue dan buah gratis untuk masyarakat Aceh Jaya

Daerah

Momentum Isra’ Mi’raj, Alumni IKAS Saling Mendorong di Jalur Politik

Daerah

Dayah Tauthiatul Maghfirah Gampong Blang Krueng Aceh Besar Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Berita

Hafid Aiman Nahkodai Sanggar Seni Seulaweut 2024

Daerah

Warga Desa Meudang Ara Keluhkan Kabel Listrik Berantakan

Daerah

Iptu Vitra Ramadani Jabat Kasat Reskrim Polres Nagan Raya, Sekilas Jejak Rekamnya di Kepolisian

Berita

Kecam Pembunuhan Pemuda Pidie di Aceh Besar, Fokusgampi: Pihak Kepolisian Harus Mengusut tuntas Kasus ini