Home / News

Sabtu, 9 Desember 2023 - 23:00 WIB

MAN Insan Cendekia Aceh Timur kembali Mengantarkan Peserta Didiknya Ke Amerika

Redaksi - Penulis Berita

ACEHPOST.ID | IDI –  Peserta Didik MAN Insan Cendekia Aceh Timur kembali Lolos seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya dalam program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (YES) di Indonesia. pada hari Kamis (09/12/2023).

Miftahul Rizky Dawamah N.R, adalah siswi MAN Insan Cendekia Aceh Timur, Kelas XI yang berhasil lolos seleksi Nasional dan tinggal menunggu kabar keberangkatan yang dimana siswi yang akrab disapa Dawa tersebut mengikuti seleksi dari tingkat Provinsi sampai tingkat Nasional.

“Saya sudah menunggu pengumuman seleksi tersebut dari beberapa hari yang lalu, alhamdulillah saya dapat surat pengumuman kemarin dan dinyatakan lolos seleksi Nasional” ungkap Dawa dengan sangat sumringah.

Pengumuman seleksi program program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (YES) di Indonesia diterima oleh MAN Insan Cendekia Aceh Timur melalui Guru Pembimbing Bahasa Inggris Sri Diana, S.Pd.

Sontak keluarga besar MAN Insan Cendekia Aceh Timur terharu dan merasa bangga atas raihan yang telah dicapainya.

Baca Juga :  Ratusan Emak-emak di Banda Aceh Nyatakan Dukungan ke Suwardi

“Ini merupakan prestasi besar bagi saya disaat-saat pertama saya Menjabat, ungkap Kepala MAN Insan Cendekia Aceh Timur Zulkarnain, S.Pd.I, M.Pd. melalui pesan singkatnya  yang disampaikan kepada Tim Humas MAN Insan Cendekia Aceh Timur disela-sela kegiatan kamad dijakarta.

Pemberitahuan Seleksi Year Program 2024-2025 Kennedy Lugar Youth Exchange & Study Program (YES) termaktub dalam surat pemberitahuan Nomor 23/YBA/SELEKSI-YES/12/1797:Kepada Yth. Adik Miftahul Rizky Dawamah N. R Dengan hormat,

Setelah mempertimbangkan semua hasil Seleksi Tingkat Chapter yang kami terima dan hasil Seleksi Tingkat Nasional, Yayasan Bina Antarbudaya selaku pengelola dan penanggung jawab program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (YES) di Indonesia memutuskan bahwa adik TERPILIH sebagai calon penerima beasiswa penuh program YES 2024-2025.

Selanjutnya, sebagai calon peserta dari Indonesia berkas adik akan dikirimkan ke American Councils di Amerika Serikat dan diseleksi di Tingkat Internasional untuk penentuan status finalis dan cadangan.

Baca Juga :  Kecam Pembunuhan Pemuda Pidie di Aceh Besar, Fokusgampi: Pihak Kepolisian Harus Mengusut tuntas Kasus ini

Kepastian keikutsertaan dan keberangkatan ditentukan oleh regulasi dan kebijakan dari pihak pemberi beasiswa yaitu kelengkapan dan kebenaran berkas aplikasi dan berkas kesehatan (Form M dan Health Form Addendum),

Ketersediaan keluarga angkat dan sekolah penerima di Amerika Serikat, serta perolehan visa Amerika Serikat. seluruh finalis masih harus melalui review aplikasi dan berkas kesehatan yang dilakukan oleh tim dari American Councils, sehingga tidak semua kandidat akan bisa mengikuti program.

Keputusan mengenai kelulusan dan keikutsertaan Adik ditentukan sepenuhnya oleh pihak pemberi beasiswa Program YES, yaitu US Department of State. Keputusan tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Sekali lagi selamat atas keberhasilan yang Adik raih. Untuk proses selanjutnya Adik diharapkan segera melengkapi aplikasi online YES serta semua berkas pendukung yang dibutuhkan.

Apabila ada pertanyaan yang berkenaan dengan program YES 2024-2025 silakan menghubungi chapter atau kantor nasional pada hari dan jam kerja.(Muksal)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

BSI Hadir di Sabang Marine Festival 2024

News

DPRK Aceh Timur, Resmi Melantik Salman PAW dari Partai PNA

News

Anggota Polsek Simpang Jernih Dampingi Petugas Medis Tangani Seekor Gajah Liar Yang Sakit

Ekonomi

Bank Syariah Indonesia Gandeng Himpunan Alumni IPB Aceh Tumbuhkan Literasi Keuangan Syariah

News

Ribuan Masyarakat Aceh Timur Hadiri Kampanye Partai Aceh

Berita

Hafid Aiman Nahkodai Sanggar Seni Seulaweut 2024

Ekonomi

Laba Tumbuh 33%, BSI Berhasil Cetak Kinerja Impresif

News

Dua Pucuk Senjata di Serahkan Oleh Warga Kepada Polres Aceh Timur