Home / Uncategorized

Jumat, 15 Desember 2023 - 21:46 WIB

Pembangunan TPT Di Desa Jamur Ujung Rampung Dikerjakan, Masyarakat Ucapkan Terima Kasih

Redaksi - Penulis Berita

ACEHPOST.ID || Bener Meriah – Masyarakat bantaran sungai Das Peusangan yang menjadi korban oleh gerusan air pada dua tahun silam, yang sempat ramai diberitakan oleh sejumlah media, kini merasa lega dan sangat berterima kasih dengan telah dibangunnya Tanggul Penahan Tanah (TPT) oleh Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pengairan Aceh tentunya.

Pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) dan bangunan bronjong yang berada di sungai Das Peusangan, tepatnya di Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah telah usai dan rampung dikerjakan.

Yulipa (47) salah satu warga korban parah yang sisi tebing rumahnya longsor disebabkan abrasi oleh gerusan air Das Peusangan kala itu, dirinya pun harus rela dan pasrah karena dapur dan kamar mandi miliknya terbawa oleh sapuan longsor saat air meluap.

“Alhamdulillah dibelakang rumah saya telah dibangun Tanggul Penahan Tanah (TPT) disertai bronjong.”

Baca Juga :  Pengurus BKMT Kecamatan Gajah Putih Dikukuhkan, Pj Bupati Haili Yoga: “Terus Gemar Baca Al-Qur'an”

“Saya sangat berterima kasih atas pembangunan itu,” ucapnya kepada media ini Kamis 14 Desember 2023.

Hal senada juga disampaikan oleh Jaok Rahman syah (58) warga setempat yang juga merupakan Imam Dusun Mekar Utama, dirinya menuturkan jika pemukiman penduduk disini sudah sangat bersyukur atas pembangunan itu.

“Kami tidak lagi khawatir dan was-was akan longsor disebabkan gerusan abrasi air sungai yang meluap dikala hujan deras melanda,” ujarnya.

Demikian pula dengan penuturan Wak Juki (59), dirinya mengatakan jika pembangunan TPT itu sudah sangat membantu warga yang rumahnya berdekatan dengan bantaran sungai Das Peusangan, dan kami sangat bersyukur sekali, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jamur Ujung, Irfan (61) yang juga didampingi Kapala Dusun Mekar Utama, Musliadi (45), saat ditemui media ini terkait isu dugaan adanya penggalian didalam sungai untuk kepentingan proyek tersebut dirinya menjelaskan, sepengetahuan saya dalam pengerjaan proyek pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) dan Bronjong itu didatangkan langsung dari luar oleh pihak rekanan.

Baca Juga :  Dua Guru Asal Bener Meriah Terima Penghargaan Ajang Apresiasi GTK Provinsi Aceh

“Dilokasi pun terlihat alat berat telah membuat akses jalan agar Dumtruk pengangkut material mudah melintas ke lokasi pengerjaan itu,” jelas Irfan Reje Kampung Jamur Ujung yang juga diamini oleh Kepala Dusun setempat.

“Saya selaku Reje Kampung Jamur Ujung sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah Aceh melalui Dinas Pengairan Aceh yang telah membantu masyarakat terhadap pembangunan Tanggul Penahan Tanah.”

“Harapan saya semoga masih ada lanjutan pembangunan perkuatan tebing sungai untuk kedepannya. Karena masih ada beberapa titik lokasi pemukiman dan kebun masyarakat lainnya yang masih curam dan itu butuh perhatian pembangunan,” harap Irfan Reje Kampung Jamur Ujung itu. (*)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Dandim 0105/Abar Bersama Danrem 012/TU Dampingi Irdam Iskandar Muda Menunaikan Ibadah Sholat Jum’at Di Masjid Besar Al – Hidayah Meureubo

Uncategorized

Tim Seuramoe Alam Raya Mulai Ekspedisi 3 Puncak Pulau Weh untuk HUT Kota Sabang ke-59

Daerah

Fokusgampi: PLN Harus Bertanggung Jawab atas Kerugian Masyarakat

Uncategorized

Satresnarkoba Porles Aceh Timur, Ringkus Dua Penyalahguna Narkotika Jenis Sabu

Uncategorized

Panda Catar Akademi TNI Kodam IM Umumkan Hasil Tes TKD, 126 Orang Dinyatakan Lulus Untuk Mengikuti Seleksi Tahap Berikutnya

Uncategorized

Motif Pengeroyokan di Peureulak Sepakat Berdamai, Satreskrim Polres Aceh Timur Hentikan Kasus

Berita

Dalam Rangka Hari Jadi: Training HCI Aceh Gelar Hypnotic Public Speaking dan Buka Puasa Bersama

Uncategorized

Pj Bupati Haili Yoga Harap Kehadiran Pesawat Perintis Susi Air Bisa Mendongkrak Ekonomi Masyarakat