Home / Daerah / Pemkab Aceh Besar

Jumat, 21 Juni 2024 - 18:22 WIB

Pj Bupati Aceh Besar Tanam Padi Bersama Danlanud SIM di Blang Bintang

Redaksi - Penulis Berita

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, bersama Danlanud SIM Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo M Han, Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, Ketua Pia Ardhya Garini Lanud SIM Tasha Andhika Ayu Patiroi, Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP, Camat Blang Bintang M Kamil Zuhri SSTP MSi, dan Forkopimcam Blang Bintang, melakukan kegiatan tanam padi bersama di Kompleks Lanud SIM Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (21/06/2024).

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, bersama Danlanud SIM Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo M Han, Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, Ketua Pia Ardhya Garini Lanud SIM Tasha Andhika Ayu Patiroi, Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP, Camat Blang Bintang M Kamil Zuhri SSTP MSi, dan Forkopimcam Blang Bintang, melakukan kegiatan tanam padi bersama di Kompleks Lanud SIM Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (21/06/2024).

Aceh Besar – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, bersama Komandan Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (Danlanud SIM), Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo M Han, melakukan kegiatan tanam padi bersama di Kompleks Lanud SIM Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (21/6/2024) pagi.

Acara ini juga diwarnai dengan penyerahan alat pertanian seperti penyemprot elektronik dan obat hama kepada para petani setempat yang diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian di wilayah tersebut dan secara langung mendukung kesejahteraan petani lokal.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, mengungkapkan bahwa dalam dua tahun terakhir, pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai pihak, kolaborasi Distan Aceh Besar dengan Lanud Sultan Iskandar Muda, untuk ikut meningkatkan ketahanan pangan di Aceh Besar. “Kami telah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Lanud Sultan Iskandar Muda dan dinas pertanian, untuk meningkatkan ketahanan pangan di Aceh Besar,” ujar Iswanto.

Ia menyatakan rasa bangganya karena Aceh Besar telah mencapai swasembada beras dengan bantuan dari pemerintah pusat, termasuk beras dari Presiden, yang disalurkan menjelang Hari Raya Kurban. “Kami sangat bangga bahwa Aceh Besar telah mencapai swasembada beras. Berbagai bantuan dari pemerintah pusat, termasuk dari Presiden, sangat membantu masyarakat, terutama menjelang Hari Raya Kurban yang baru lalu,” ungkap Iswanto.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Besar Pimpin Rapat Intervensi Serentak Pencegah Stunting

Iswanto juga mengapresiasi dukungan semua pihak, termasuk Lanud Sultan Iskandar Muda, dalam memperkuat sektor pertanian. “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, termasuk Danlanud Sultan Iskandar Muda yang sangat komit dengan berperan aktif dalam kegiatan pertanian,” kata Iswanto.

Di penghujung sambutannya, Pj Bupati Muhammad Iswanto mengingatkan semua pihak di Aceh Besar, bahwa bertani itu juga ibadah. Karena semua ikhtiar dengan landasan keikhlasan dan mencari ridha Allah, dalam memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga kita (istri dan anak2 serta masyarakat) adalah ibadah.

Sementara itu, Danlanud SIM Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo MHan menyatakan, kegiatan penanaman padi bukan hanya sekadar rutinitas tahunan, tetapi merupakan langkah strategis untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi seluruh warga. “Saya sangat mengapresiasi semangat dan kerja keras para petani yang selalu berusaha memberikan hasil terbaik dari lahan yang mereka kelola. Tanpa dedikasi dan kerja keras para petani, kita tidak akan bisa menikmati sarapan nasi yang kita konsumsi sehari-hari,” ucapnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Besar Ikut Meeting Zoom Asistensi Evaluasi Laporan Kinerja bersama Tim Asistensi Itjen Kemendagri

Danlanud SIM menyebutkan, peran petani sangat penting dalam menjaga ketahanan pangan di masyarakat. Oleh karena itu, Ia mengajak para petani untuk terus berinovasi dalam metode penanaman dan pengelolaan lahan. “Teknologi pertanian modern harus kita manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas areal dan efisiensi kerja,” tambahnya.

Kemudian, ia juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan dan ekosistem sawah agar tetap lestari. “Dengan menjaga kelestarian lingkungan melalui budidaya yang ramah lingkungan, kita dapat mewariskan lahan yang subur kepada generasi mendatang,” tandasnya.

Selain itu, Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo M Han mengajak semua pihak untuk memperkuat kerjasama antara petani, pemerintah, dan pihak terkait lainnya. “Kerjasama ini penting untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan di masyarakat,” tutupnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, Ketua Pia Ardhya Garini Lanud SIM Tasha Andhika Ayu Patiroi, Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP, Camat Blang Bintang M Kamil Zuhri SSTP MSi, beserta Forkopimcam Blang Bintang.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kemenag RI Visitasi Penyelenggaraan Program Muadalah setingkat SMP dan SMA di Yayasan Dayah Pesantren Hidayatul Al Mustafid Nagan Raya.

Daerah

Satresnarkoba Polres Aceh Barat Amankan 3 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika

Daerah

Kapolres Nagan Raya Tinjau dan Panen Raya Kebun Cabai di Beutong Ateuh Banggalang

Daerah

Pemkab Nagan Raya Terima Insentif Fiskal Rp5,84 Miliar atas Kinerja Pengendalian Inflasi

Daerah

Pj Bupati Nagan Raya Diwakili Staf Ahli,Sosialisasi Hak dan Kewajiban Perpanjakan Bendaharawan Pemerintah.

Daerah

Pj Bupati Amrullah Dipeusijuek Ulama Kharismatik Aceh Abu Paya Pasi

Daerah

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Kantor Berita NOA.co.id  

Daerah

Pemkab Nagan Raya Usulkan Sejumlah Jembatan Gantung