Home / Pemerintah / Pemerintah Aceh

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:43 WIB

Pj Gubernur Buka Rakor Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh

Redaksi - Penulis Berita

Penjabat Gubernur Aceh Bustami membuka Rapat Koordinasi Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jum’at, 5 Juli 2024.

Penjabat Gubernur Aceh Bustami membuka Rapat Koordinasi Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jum’at, 5 Juli 2024.

Banda Aceh – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jum’at, (05/07/2024).

Rakor itu dihadiri Direktur Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri, Dr. La Ode Ahmad P. Bolombo, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, para kepala SKPA terkait serta peserta rakor dari kabupaten kota.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur menyampaikan, pihaknya bersyukur Aceh menerima alokasi Dana Desa terbesar keempat di Indonesia setelah Jawa Tengah, karena jumlah gampong di Aceh yang mencapai 6.500.

Dari 2015 hingga 2024, sebanyak 6.497 pemerintahan gampong di Aceh
telah menerima total Rp44,2 triliun Dana Desa.

“Di tengah kemampuan fiskal Aceh yang cenderung menurun akibat berkurangnya Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA), Dana Desa menjadi anugerah yang sangat kami syukuri dan harus dikelola serta didayagunakan dengan sebaik-baiknya.Oleh karena itu, kita harus menyadari bahwa tugas para aparatur gampong, khususnya keuchik atau kepala desa, sangatlah berat,” kata Pj Gubernur.

Baca Juga :  Pj Gubernur Aceh Kembali Tinjau Penyiapan Venue PON

Lebih lanjut, kata Pj Gubernur, sebagai pemimpin yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemerintah gampong, para keuchik juga dituntut merencanakan, mendayagunakan, dan mempertanggungjawabkan penggunaan Dana Desa, guna menghasilkan berbagai capaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Oleh karena itu, sudah sepantasnya mereka mendapat perhatian khusus berupa penguatan dan pembinaan dalam penyelenggaraan pemerintahan gampong oleh pembina gampong di Kecamatan, Bupati/Walikota, Gubernur, dan Kemendagri,” sebut Pj Gubernur.

Baca Juga :  Penjabat Gubernur Aceh dan Penjabat Kepala Daerah Se-Indonesia menerima arahan Presiden di Istana Negara

Pj Gubernur Aceh itu melanjutkan, pemerintah bertanggung jawab menyediakan regulasi yang jelas serta kepastian hukum untuk menjamin kenyamanan mereka bekerja melayani masyarakat.

“Untuk itu, kepada para Bupati dan Walikota, saya mengharapkan agar meningkatkan perhatian dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan gampong. Kunjungi, dampingi, dan berikan motivasi kepada para aparatur gampong .Pada kesempatan ini, saya juga mengingatkan kita semua bahwa ada dua agenda besar nasional yang harus kita sukseskan bersama, yaitu PON Aceh-Sumut XXI dan Pilkada Serentak 2024,” kata Pj Gubernur.

Pj Gubernur menyebutkan, peran Bupati/Walikota, Camat, Keuchik, dan seluruh masyarakat sangatlah strategis untuk kesuksesan agenda ini, demi Aceh yang lebih baik dan bermartabat.

Share :

Baca Juga

Parlementaria

DPR Aceh Minta Pemerintah Bentuk Satgas Penanganan Tambang Ilegal

Pemerintah

Pj Gubernur Bustami Luncurkan Program Baca Al-Qur’an Sebelum Belajar di Seluruh SMA Sederajat di Aceh 

Pemerintah

Lantik Pj Bupati Simeulue, Pj Gubernur Ingatkan Kesukseskan Pelaksanaan Pilkada 2024

Pemerintah

Pj Gubernur Bustami Sambut Kepulangan Kloter Terakhir Jamaah Haji Aceh 

Pemerintah

Lepas Musabaqah Pawai Muharram 1446 Hijriah, Ini Harapan Pj Gubernur Aceh 

Pemerintah

Pemerintah Aceh Gelar Pemeriksaan Fisik Mobil Dinas untuk Transportasi PON XXI

Pemerintah

Pj Gubernur Bersilaturrahmi ke Dayah Ruhul Qur’ani dan Dayah BUDI Lamno

Parlementaria

DPR Aceh Ingatkan Pj Gubernur Bustami Jika Ikut Pilkada Harus Mundur