Home / Berita / Daerah / Ekbis

Rabu, 10 Januari 2024 - 13:30 WIB

PKMB Beri Penguatan Moderasi Pada Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry

Redaksi - Penulis Berita

Acehpost.id | Banda Aceh — Manajer Program dan Kerjasama Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rahmad Syah Putra mengajak mahasiswa menjadi menjadi agen penguatan Moderasi Beragama.

Pesan ini disampaikan Rahmad Syah Putra saat menjadi salah seorang narasumber pada acara pembekalan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), di Aula Teater Museum kampus tersebut, Selasa (9/1/2024).

“Saya berharap kehadiran kalian di tengah-tengah masyarakat gampong dan kampus agar menjadi agen Penguatan Moderasi Beragama yang saling menyatukan, dan menghargai perbedaan,” harapnya.

Baca Juga :  Satuan Lalu Lintas Laksanakan Penertiban Knalpot Brong di Sekolah

Dalam pemaparannya, Doktor Rahmad juga menekankan pentingnya penguatan moderasi beragama. Menurutnya program Penguatan Moderasi Beragama (PMB) merupakan salah satu dari 7 Prioritas Kementerian Agama, dan pentingnya Program Moderasi Beragama ini untuk diimplementasikan sebagai bentuk untuk mensosialisasikan ajaran agama yang baik dan benar kepada masyarakat, dan memperkuat esensi ajaran agama dalam kehidupan masyarakat.

“Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama RI. Moderasi beragama telah ditetapkan sebagai faktor penunjang pembangunan nasional yang termaktub dalam Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 – 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rahmad menilai karena telah menjadi Prioritas Nasional, maka Pengarusutamaan pendidikan moderasi beragama merupakan bagian penting kurikulum satuan pendidikan, termasuk di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Baca Juga :  Komitmen Lestarikan Budaya, Bank Aceh Dukung Penuh Pagelaran PKA 8

“Moderasi beragama hadir dengan tujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam kehidupan beragama suatu bangsa,” ujarnya.

“Melalui moderasi beragama nantinya diharapkan akan tercipta keindahan hidup dalam bermasyarakat, saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan antarsesama warga, sehingga terwujudnya kehidupan masyarakat yang harmonis dan damai,” tegasnya.

Selain Manajer Program dan Kerjasama PKMB, Pembekalan Mahasiswa KPM tersebut juga turut menghadirkan beberapa narasumber lainnya yaitu Jasafat (Kepala LP2M), Nashriyah (Kepala PSGA UIN Ar-Raniry), T Badlisyah dan Bakri.[]

Share :

Baca Juga

Berita

Perjuangan Pemulihan Identitas: Mahasiswa PMI UIN Ar-Raniry Bahas ‘Media dan Budaya’ dalam Kuliah Tamu

Berita

Dua Srikandi Memimpin Sema dan Dema FDK

Berita

Pilpres dan Pileg 2024; antara Idealisme dan Harga Diri

Daerah

Projo Aceh Jaya membagikan 1000 paket susu kue dan buah gratis untuk masyarakat Aceh Jaya

Daerah

Momentum Isra’ Mi’raj, Alumni IKAS Saling Mendorong di Jalur Politik

Daerah

Dayah Tauthiatul Maghfirah Gampong Blang Krueng Aceh Besar Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Berita

Hafid Aiman Nahkodai Sanggar Seni Seulaweut 2024

Daerah

Warga Desa Meudang Ara Keluhkan Kabel Listrik Berantakan