Home / Berita / Daerah / Ekbis

Rabu, 10 Januari 2024 - 13:30 WIB

PKMB Beri Penguatan Moderasi Pada Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry

Redaksi - Penulis Berita

Acehpost.id | Banda Aceh — Manajer Program dan Kerjasama Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rahmad Syah Putra mengajak mahasiswa menjadi menjadi agen penguatan Moderasi Beragama.

Pesan ini disampaikan Rahmad Syah Putra saat menjadi salah seorang narasumber pada acara pembekalan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), di Aula Teater Museum kampus tersebut, Selasa (9/1/2024).

“Saya berharap kehadiran kalian di tengah-tengah masyarakat gampong dan kampus agar menjadi agen Penguatan Moderasi Beragama yang saling menyatukan, dan menghargai perbedaan,” harapnya.

Baca Juga :  Perkuat Silaturahmi : Komite SDN 1 Pagar Air Adakan Pertemuan MPD, Wali Murid dan Guru

Dalam pemaparannya, Doktor Rahmad juga menekankan pentingnya penguatan moderasi beragama. Menurutnya program Penguatan Moderasi Beragama (PMB) merupakan salah satu dari 7 Prioritas Kementerian Agama, dan pentingnya Program Moderasi Beragama ini untuk diimplementasikan sebagai bentuk untuk mensosialisasikan ajaran agama yang baik dan benar kepada masyarakat, dan memperkuat esensi ajaran agama dalam kehidupan masyarakat.

“Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama RI. Moderasi beragama telah ditetapkan sebagai faktor penunjang pembangunan nasional yang termaktub dalam Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 – 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rahmad menilai karena telah menjadi Prioritas Nasional, maka Pengarusutamaan pendidikan moderasi beragama merupakan bagian penting kurikulum satuan pendidikan, termasuk di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Baca Juga :  Pemkab Nagan Raya Menerima Dividen Sebesar 2 Miliar Lebih Dari PT. Bank Aceh Syariah Thn 2023.

“Moderasi beragama hadir dengan tujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam kehidupan beragama suatu bangsa,” ujarnya.

“Melalui moderasi beragama nantinya diharapkan akan tercipta keindahan hidup dalam bermasyarakat, saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan antarsesama warga, sehingga terwujudnya kehidupan masyarakat yang harmonis dan damai,” tegasnya.

Selain Manajer Program dan Kerjasama PKMB, Pembekalan Mahasiswa KPM tersebut juga turut menghadirkan beberapa narasumber lainnya yaitu Jasafat (Kepala LP2M), Nashriyah (Kepala PSGA UIN Ar-Raniry), T Badlisyah dan Bakri.[]

Share :

Baca Juga

Daerah

Personil Polres Nagan Raya Sosialisasikan Bahaya Judi Online kepada Masyarakat dan pelajar

Berita

Fokusgampi Qurban Dua Ekor Sapi untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pidie di Banda Aceh

Daerah

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Bendera Merah Putih 17 – an Sekaligus Membacakan Amanat Pangdam IM

Daerah

Laka Lantas di Desa Suak Nie, Tiga Korban Alami Luka Berat

Daerah

Maknai Idul Adha Dengan Syukur, Keluarga Besar Kodim 0105/Abar Bagikan Daging Qurban Kepada Kaum Marginal

Daerah

Tabrakan Maut Motor Vs Motor di Aceh Barat, Tiga Meninggal Dunia

Daerah

Meskipun diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Berlangsung Meriah

Daerah

Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban