Home / Daerah

Jumat, 8 Desember 2023 - 11:14 WIB

RSUD SIM Nagan Raya di Survey Akreditasi, Pj Bupati Fitriany Farhas : Selama Ini Saya Sering Sidak

Redaksi - Penulis Berita

Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas Saat Menghadiri acara Survey Akreditasi. [Dok : Istimewa]

Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas Saat Menghadiri acara Survey Akreditasi. [Dok : Istimewa]

Acehpost.id | Nagan Raya – Penjabat (Pj) Bupati Fitriany Farhas AP, S,Sos., M.Si. menghadiri acara Survei Akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit.

Kegiatan ini di buka oleh Ketua Tim Surveyor Komisi Akreditas Rumah Sakit (KARS) dr. Rahmad, MARS, FISQua yang berlangsung di Aula RSUD SIM kabupaten setempat, Kamis, 7/12/2023.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Fitriany Farhas mengungkapkan bahwa, dirinya bersama pihak terkait baik dengan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya untuk memastikan akan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Selama ini saya sering melakukan sidak dan berkantor di rumah sakit serta melihat secara langsung perkembangannya baik dari segi ketersediaan obat, mengecek ruangan guna memastian kenyamanan pasien,” ucap Fitriany.

Disisi lain, Fitriany, menyampaikan, dirinya juga selalu menampung keluhan dari pasien melalui media sosial. Kemudian semua keluhan tersebut, Ia teruskan kepihak rumah sakit untuk ditindak lanjuti akan setiap permasalahan.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, pihak rumah sakit lebih mengoreksi dimana kekurangan dalam hal pelayanan atau lainnya. Semoga dengan diadakan survei akreditasi ini bisa membawa Nagan Raya menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Baca Juga :  Melalui Dinsos, PLTU 1-2 Nagan Raya Serahkan Bantuan Kursi Roda untuk Disabilitas

Sementara itu, Ketua Tim Surveyor KARS dr. Rahmad, MARS, FISQua, menyampaikan akreditasi rumah sakit adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi.

“Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 12 Tahun 2020 tentang Akreditasi Rumah Sakit, dimana setiap rumah sakit wajib terakreditasi,” ujar dr. Rahmad.

Ia menjelaskan, ada tiga tujuan pelaksanaan akreditasi tersebut, yaitu meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkelanjutan dan melindungi keselamatan pasien rumah sakit.

Selanjutnya, meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, sumber daya manusia di rumah sakit, dan rumah sakit sebagai institusi, serta yang terakhir meningkatkan tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis serta mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

Sebelumnya, Direktur RSUD SIM, dr. Hj. Cut Yuliza Sutifa dalam laporannya menjelaskan peningkatan mutu pelayanan sebuah rumah sakit salah satunya ditentukan oleh akreditasi secara berkala.

“Akreditasi ini merupakan pengakuan terhadap rumah sakit oleh lembaga independen yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” ucap Cut Yuliza

Dikatakan, RSUD Sultan Iskandar Muda dalam penyelenggaraan akreditasi ini akan dilakukan oleh lembaga independen Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Kami sangat senang sekali dikarenakan akhirnya kami mendapat kesempatan seperti rumah sakit lainnya dalam proses akreditasi serta siap untuk berubah lebih baik lagi sesuai dengan standar, masukan dan arahan tim surveior,” ujarnya

Baca Juga :  Tekan Inflasi di Aceh Besar: Pj Bupati Bersama Danlanud SIM Tanam Padi Bersama

Direktur RSUD SIM itu berharap, semoga apa yang telah diupayakan mendapat hasil paripurna dari tim surveior yang akan memberikan arahan dan masukan demi peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

Disebutkan, pelaksanaan survey akreditasi itu dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 7 s/d 9 Desember 2023.

“Dimana pada hari pertama pelaksanaan kegiatan survey akreditasi dilakukan secara melalui Zoom Meeting bertempat di Aula RSUD SIM Nagan Raya, sementara hari kedua dan ketiga dilakukan telusur implementasi (simulasi dan wawancara) di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda,” sebut Cut Yuliza.

Acara itu dilanjutkan dengan paparan presentasi tentang “Profi Rumah Sakit dan Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Rumah Sakit,” oleh Direktur RSUD SIM dr. Hj. Cut Yuliza Sutifa.

Selanjutnya, Pj. Bupati Fitriany yang didampingi oleh perwakilan DPRK Nagan Raya Sigit Winarno dan kepala SKPK serta jajaran Direksi Rumah Sakit mengikuti wawancara dengan tim surveyor

Turut hadir dalam acara tersebut
Sekretaris Daerah, Dewan Pengawas, Kepala OPD terkait, Camat, serta para tamu undangan lainnya. ***

Share :

Baca Juga

Daerah

Personil Polres Nagan Raya Sosialisasikan Bahaya Judi Online kepada Masyarakat dan pelajar

Berita

Fokusgampi Qurban Dua Ekor Sapi untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pidie di Banda Aceh

Daerah

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Bendera Merah Putih 17 – an Sekaligus Membacakan Amanat Pangdam IM

Daerah

Laka Lantas di Desa Suak Nie, Tiga Korban Alami Luka Berat

Daerah

Maknai Idul Adha Dengan Syukur, Keluarga Besar Kodim 0105/Abar Bagikan Daging Qurban Kepada Kaum Marginal

Daerah

Tabrakan Maut Motor Vs Motor di Aceh Barat, Tiga Meninggal Dunia

Daerah

Meskipun diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Berlangsung Meriah

Daerah

Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban