Home / Daerah

Senin, 4 Desember 2023 - 22:13 WIB

Ucapkan Kalimat Syahadat, Satu Keluarga Suku Nias di Tadu Raya Nagan Raya Resmi menjadi Mualaf

Redaksi - Penulis Berita

Prosesi Pengsyahadatan Kelima Warga Suku Nias Sumut, dilangsungkan Kepala Kemenag Nagan Raya, Samhudi. [Dok : Basriadi]

Prosesi Pengsyahadatan Kelima Warga Suku Nias Sumut, dilangsungkan Kepala Kemenag Nagan Raya, Samhudi. [Dok : Basriadi]

Acehpost.id | Nagan Raya – Satu keluarga Suku Nias berasal dari Kepulauan Nias, Kabupaten Gunong Sitoli, Provinsi Sumatera Utara yang beranggotakan lima orang keluarga memeluk agama Islam, dalam seremonial pindah agama di Gampong Simpang Jaya, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya. Senin 4 Desember 2023.

Dalam pantauan awak media yang menghadiri acara tersebut, proses syahadat dilangsungkan Kepala Kemenag Kabupaten Nagan Raya, Samhudi, S.Si dengan disaksikan seluruh undangan yang hadir, masyarakat gampong dan keluarga.

Dalam momen sakral itu, kepala keluarga Tohusokhi Zai, 68 tahun, memeluk agama Islam dan memilih nama Abdul Qadir sebagai nama Islamnya.

Istrinya ,yang awalnya bernama Miliati Nadoya, 47 tahun, memakai nama Siti Maryam sebagai nama barunya.

Ibu dari Miliati Nadoya (Siti Maryam) yang bernama Kasiba Zai, 61 tahun, kini namanya juga berganti menjadi Masyitah.

Baca Juga :  MIN 1 Nagan Raya Juara Umum Cosmics

Sedangkan kedua anak laki laki diantaranya Junius Zai, 17 tahun, dan Benyamin Zai, 13 tahun, yang juga ikut memeluk agama Islam bersama keluarganya itu memilik nama baru yaitu Zainal Abidin dan Abdul Muthalib.

Aris Munandar seorang warga yang menfasilitasi prosesi syahadat tersebut mengatakan, kronologi keluarga tersebut ingin menjadi mualaf, bermula saat dirinya di hubungi seorang perempuan bernama widar yang ternyata anak dari Abdul Qadir.

Bukan tanpa alasan ,Widar menghubungi Aris Munandar untuk meminta bantuan agar diberikan pekerjaan untuknya dan keluarganya.

“Kami dihubungi untuk meminta pekerjaan, sontak saya langsung mengatakan ada, tapi dengan syarat harus menetap di dalam kebun biar tidak bolak balik karena jauh,” katanya.

Tak berselang lama, Widar menyampaikan keinginan keluarganya yang sudah lama ingin memeluk agama Islam namun belum terwujud, menanggapi niat keluarga mereka itu, Aris Munandar lantas langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak baik di Gampong hingga ke Kabupaten.

Baca Juga :  RSUD SIM Nagan Raya di Survey Akreditasi, Pj Bupati Fitriany Farhas : Selama Ini Saya Sering Sidak

“Alhamdulillah, setelah melalukan komunikasi dari pihak Kecamatan, menyetujui prosesi pensyahadatan ini, sehingga sudah berjalan dan mereka sah menjadi Muslim,” tutur Aris Munandar.

Sementara itu, Camat Tadu Raya Bustami, M.Pd berharap kepada keluarga yang sudah bersyahadat ini agar serius mengikuti pembinaan dengan serius, agar bisa belajar bagaimana menjalankan ilmu agama islam.

“Tetap fokus dalam belajar dasar tentang islam dan juga harus memahami semua ilmu tentang islam baik kewajiban maupun hal lainya,” ucap Bustami.

Untuk mengingat prosesi tersebut, seperti pada umumnya, warga gampong setempat melakukan peusijuk secara adat dan budaya kepada keluarga Mualaf tersebut sembari di iringi shalawat bersama. ***

Share :

Baca Juga

Daerah

Personil Polres Nagan Raya Sosialisasikan Bahaya Judi Online kepada Masyarakat dan pelajar

Berita

Fokusgampi Qurban Dua Ekor Sapi untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pidie di Banda Aceh

Daerah

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Bendera Merah Putih 17 – an Sekaligus Membacakan Amanat Pangdam IM

Daerah

Laka Lantas di Desa Suak Nie, Tiga Korban Alami Luka Berat

Daerah

Maknai Idul Adha Dengan Syukur, Keluarga Besar Kodim 0105/Abar Bagikan Daging Qurban Kepada Kaum Marginal

Daerah

Tabrakan Maut Motor Vs Motor di Aceh Barat, Tiga Meninggal Dunia

Daerah

Meskipun diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Berlangsung Meriah

Daerah

Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban