Home / Daerah

Jumat, 10 November 2023 - 21:19 WIB

Usai Upacara Hari Pahlawan, Pj Fitriany Farhas Berikan Bingkisan ke Veteran

Redaksi - Penulis Berita

Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si Saat Memberikan Penghargaan Berupa Bingkisan kepada Salah Seorang Veteran. [Dok : Istimewa]

Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si Saat Memberikan Penghargaan Berupa Bingkisan kepada Salah Seorang Veteran. [Dok : Istimewa]

Acehpost.id | Nagan Raya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka Hari Pahlawan ke-78. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor bupati setempat, Jum’at (10/11/2023).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S,Sos., M.Si turut diikuti Forkopimda, para Asisten Sekda, kepala SKPK, Camat, TNI/Polri, serta Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemkab Nagan Raya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini yang menyampaikan bahwa, Hari Pahlawan ke-78 ini mengusung tema “Semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan”. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Mengingat kita merupakan bangsa yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” kata Fitriany dalam amanat Mensos RI.

Baca Juga :  Ciptakan Pemilu Aman dan Damai, Kapolres Ajak Jaga Kondusifitas APK

Dikatakan, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” ujarnya.

Dijelaskan, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri.

“Para pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi, dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” tutur Pj Bupati.

Baca Juga :  Keluarga Besar Kodim 0105/Aceh Barat Gelar Tradisi Penyambutan Dandim Yang Baru Letkol Inf Hendra Mirza, S.E., M.Si.

Dengan hanya berbekal bambu runcing lanjutnya, para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya.

“Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari se-antero nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau mati,” jelasnya.

Usai upacara, Pj Bupati menyerahkan penghargaan dan bingkisan kepada para veteran atau yang diwakili oleh pihak keluarga, diantaranya T. Raja Nambat, Rukiyah, Tgk. Sarong, Sulaiman, Ibrahim Liyah.

Sebelumnya, pada pukul 6.00 WIB pagi juga diadakan upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan yang dipimpin Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi, SIK. ***

Share :

Baca Juga

Daerah

Personil Polres Nagan Raya Sosialisasikan Bahaya Judi Online kepada Masyarakat dan pelajar

Berita

Fokusgampi Qurban Dua Ekor Sapi untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pidie di Banda Aceh

Daerah

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Bendera Merah Putih 17 – an Sekaligus Membacakan Amanat Pangdam IM

Daerah

Laka Lantas di Desa Suak Nie, Tiga Korban Alami Luka Berat

Daerah

Maknai Idul Adha Dengan Syukur, Keluarga Besar Kodim 0105/Abar Bagikan Daging Qurban Kepada Kaum Marginal

Daerah

Tabrakan Maut Motor Vs Motor di Aceh Barat, Tiga Meninggal Dunia

Daerah

Meskipun diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Nagan Raya Berlangsung Meriah

Daerah

Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban