Home / Berita / Uncategorized

Rabu, 28 Februari 2024 - 10:14 WIB

Dua Srikandi Memimpin Sema dan Dema FDK

Redaksi - Penulis Berita

Acehpost.id |Banda Aceh – Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sukses menggelar pelantikan bersama Organisasi Mahasiswa (Ormawa) se-Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) untuk Periode Tahun 2024 yang dilaksanakan di auditorium Prof. Ali Hasjmy komplek UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dengan tema “Reaktualisasi Semangat Ormawa Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Yang Berintegritas Serta Berintelektual” (24/2)

Wakil Dekan III Dr. Sabirin, S.Sos.I., M.Si yang juga sebagai alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menceritakan rekam jejak FDK dalam berbagai untaian sejarah pergerakan mahasiswa, sebagai anak umat dan juga menyampaikan betapa pentingnya organisasi sebagai media pembelajaran, media pengabdian, media penguatan kapasitas diri dan media yang dapat mendukung proses peningkatan kualitas akademik mahasiswa dalam perkuliahan, berdasarkan pengalaman selama menjadi mahasiswa di Fakultas tersebut.

Dr. Sabirin yang mewakili Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prof. Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd melantik ormawa di lingkungan FDK.

Dalam kesempatan itu juga hadir Wakil Dekan I Dr. Mahmuddin, M.Si Wakil Dekan II Dr. Fairus, MA serta para Ketua Prodi (Program Studi) dan Sekretaris Prodi Se-FDK. Dr. Sabirin dalam arahannya menyebutkan bahwa “mahasiswa tidak boleh hanya sukses studi, namun juga harus sukses organisasi dan sebaliknya”.

 

Selanjutnya Sabirin menyatakan “dalam berorganisasi ada etikanya yang harus dijaga, serta menjaga ukhwah islamiyah, persaudaraan sesama anak bangsa”.

Baca Juga :  KIP Aceh Timur Gelar Bimtek Terpadu Bersama PPK dan PPS Diikuti Oleh 1120 Peserta 

 

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Aceh. Dr. Muslem Yacob, S.Ag, M.Pd yang merupakan alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, yang menyampaikan orasi kebangsaan dalam pelantikan tersebut.

 

“Betapa pentingnya pergerakan mahasiswa hari ini, untuk berkontribusi dalam pembangunan Bangsa dan Negara ini, khususnya bagi generasi milenial Aceh”, ungkap Muslem Yacob.

 

Ketua panitia Firaz Al-Faiz dalam laporannya menyampaikan bahwa pelantikan bersama ormawa Se-FDK diikuti 5 (lima) Ormawa dan satu (1) Komunitas Film Tring yang ada di lingkungan FDK, “ini adalah aktualisasi dari semangat kerja sama mahasiswa FDK itu sendiri, kekompakan teman-teman semua” ungkap Firaz.

 

Jihan Magfirah Silwin selaku ketua umum Sema FDK  menyampaikan bahwa pelantikan dengan konsep sidang adalah sesuatu yang baru bagi beberapa mahasiswa peserta pelantikan, yang dimulai dengan pembacaan surat keputusan (SK) oleh presidium siding,

 

kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada demisioner, yang dilanjutkan dengan ikrar sumpah pengurus Ormawa.

 

Sebelum kegiatan berakhir dilanjutkan dengan orasi oleh para ketua lembaga ormawa yang telah dilantik.

 

Ini menjadi momentum sakral bagi keberlanjutan organisasi kemahasiswaan di FDK. Jihan selaku penanggung jawab umum proses pelantikan ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga terlaksananya kegiatan pelantikan ini secara baik dan lancar.

Baca Juga :  Fokusgampi Serahkan Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Fakir Miskin

 

Srikandi Sema-Dema FDK

 

Pelantikan Ormawa FDK tahun 2024 ini menjadi sangat menarik, karena setidaknya dalam 30 tahun terakhir baru kali ini Sema-Dema FDK dipimpin oleh 2 srikandi (perempuan-perempuan perkasa) yaitu Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA F) dipimpin Jihan Maghfirah Silwin, dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA F) dipimpin Syifa Sundari.

Selain pelantikan Sema dan Dema FDK, juga dilantik pimpinan Ormawa di tingkat Prodi dan Komunitas Film Tring.

 

Para Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) masing-masing yaitu dari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Ilham Setiawan dan Rahmatal Riza, dari Manajemen Dakwah (MD) Dicky Cahya Admaja, dan Muhammad Wahyu Siregar, dari Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Sulthan Kemal, dan Geri Hasbullah, dari Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Masithah Intan Khairina, dan Baitul Muk Arif, dan dari Kesejahteraan Sosial (Kesos) Adlin Minosra, dan Sahidi G.

 

Semoga dengan telah selesainya pelantikan ini, kelembagaan Ormawa di FDK dapat semakin kreatif, inovatif, dan adaptif, serta mampu berkolaborasi dengan lembaga lainnya baik di lingkungan FDK maupun di luar, demi FDK yang lebih baik kedepannya.

 

Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa dan segenap pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak sehingga pelantikan ini dapat berjalan dengan baik. []

Share :

Baca Juga

Berita

Pemkab Nagan Raya Hibahkan Rp10,3 Miliar untuk Panwaslih Demi Sukseskan Pilkada 2024

Berita

Baitul Mal Kabupaten Terima Zakat Dari Perusahaan Bank Aceh Syariah

Berita

Disnakertrans Gelar Pelatihan Kerja Bagi Masyarakat

Berita

FDK UIN Ar-Raniry Sukseskan PKM Nasional, Palembang

Advetorial

Kerjasama FDK UIN Aceh dan FDK UIN Palembang Menyasar Komunitas Rehabilitasi NAPZA

Uncategorized

Dandim 0105/Abar Bersama Danrem 012/TU Dampingi Irdam Iskandar Muda Menunaikan Ibadah Sholat Jum’at Di Masjid Besar Al – Hidayah Meureubo

Berita

Fokusgampi dan DPD KNPI Aceh Gelar Dialog Pendidikan Ke-Acehan: Keistimewaan Aceh dan Urgensi Pendidikan Muatan Lokal

Berita

Dorong Inklusivitas, Lemka Foundation Gandeng Kemenkop UKM RI Beri Pelatihan UMKM Bagi Disabilitas